Usaha Warung Kopi Di Desa yang Menjanjikan Wajib Dicoba!

Usaha Warung Kopi Di Desa yang Menjanjikan Wajib Dicoba!

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sudah mempunyai pangsa pasar sendiri. Penikmat minuman kopi ini bukan hanya lelaki saja, melainkan juga perempuan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai usaha warung kopi di desa yang bisa kamu coba.

Mengenai usia, rata-rata berasal dari kaum dewasa. Dari mahasiswa sampai orang yang telah berumah tangga. Kalau kamu ingin membuka usaha ini, maka ketahuilah peluang, kelemahan, dan strategi biar rame. Dalam artikel ini akan dibahas lengkap.

Peluang Usaha Warung Kopi Di Desa yang Menjanjikan

Usaha Warung Kopi Di Desa yang Menjanjikan Wajib Dicoba!
Usaha Warung Kopi Di Desa yang Menjanjikan Wajib Dicoba!

Warkop atau warung kopi adalah bentuk usaha yang mempunyai peluang besar. Peminatnya yaitu orang pilihan yang cenderung loyal. Di antara peluang yang ada bisa kamu maksimalkan yaitu :

1. Penggemar kopi berasal dari berbagai kalangan jadi pangsa pasarnya lebih luas.

2. Pengunjung yang datang umumnya sekelompok orang (dalam satu rombongan).

3. Pengunjungnya biasanya lokal.

4. Kalau sudah cocok dengan satu taste, mereka akan terus mengulang untuk membelinya.

5. Modalnya kecil karena perlengkapan serta alat yang dibutuhkan sederhana sekali.

6. Produk yang dijual tidak terlalu banyak jadi tidak ribet.

7. BEP nya cukup cepat karena bisnis minuman mempunyai profit margin yang besar.

Risiko atau kelemahan warung kopi

Meskipun peluangnya besar, bisnis ini ternyata juga mempunyai kelemahan serta ada kemungkinan gagal. Oleh karena itu, sebelum membuka usahanya kamu wajib menyiapkan diri dengan strategi yang terbaik. Sebelum membahas mengenai strateginya, berikut ini merupakan beberapa risiko, tantangan, dan juga kelemahan dari bisnis yang cocok di pedesaan ini:

1. Tidak paham tentang kopi.

2. Kurangnya cita rasa saat meracik kopi.

3. Produk atau bahan yang digunakan asal-asalan.

4. Tempat jualan kurang strategis jadi kalah saing dengan yang lainnya.

Selain resiko atau kelemahan di atas, tentu masih ada banyak hal lain yang mempengaruhi maju atau tidaknya usaha ini. Jadi, kamu harus mempersiapkan diri.

Strategi Bisnis dan Cara Supaya Warung Kopi Ramai Pembeli

Usaha Warung Kopi Di Desa yang Menjanjikan Wajib Dicoba!
Usaha Warung Kopi Di Desa yang Menjanjikan Wajib Dicoba!

Apapun peluang serta tantangannya, yang perlu kamu lakukan yaitu mempersiapkan diri dengan strategi terbaik demi kemajuan usaha. Berikut ini merupakan poin-poin penting untuk meningkatkan penjualan usaha warung kopi:

Pilih tempat strategis untuk usaha warung kopi

Kunci sukses bisnis warung kopi yaitu lokasinya. Kamu harus memilih tempat yang strategis. Misalnya di perkotaan, kamu dapat memilih yang dekat kampus. Jika di pedesaan, silakan pilih lokasi yang dekat dengan pasar tradisional ataupun sekolahan.

Fokus pada satu jenis usaha kopi

Seperti yang sudah diketahui, saat ini jenis warung kopi semakin beragam. Ada yang konsepnya coffee shop, coffee roaster, ataupun kios biasa. Karena usaha iniĀ  dijalankan di desa, maka fokuslah dengan usaha kios yang biasa.

Karena ini lebih logis serta cenderung cocok dengan suasana pedesaan. Selain itu, teknis pembuatan usahanya juga tidak ribet. Sangat sederhana dalam hal konsep, perlengkapan, serta modal.

Pekerjakan karyawan yang ahli tentang kopi serta mengerti cita rasa

Meskipun warungnya yang sederhana, pastikan cita rasanya kopimu kuat. Karena usaha ini sama halnya dengan bisnis rental playstation.

Yang mana para pelanggannya dapat nagih untuk terus datang asalkan dapat mendapatkan produk serta layanan yang sesuai ekspektasi. Kalau di PS, game-nya harus asyik untuk mereka. Kalau di warkop, cita rasanya harus betul-betul enak, pas dan tidak terlupakan.

Buka usaha kedai kopi murah

Karena usahanya ini dibuka di desa, maka kamu tak dapat menetapkan harga yang terlalu tinggi. Gaya hidup pedesaan yang sederhana mengharuskan para pedagang di desa untuk mematok harga yang tidak terlalu tinggi supaya bisa laku.

Tentukan target marketnya dengan baik

Target market ini berhubungan dengan lokasi yang sudah kamu pilih. Jika di pedesaan pembeli datang dari masyarakat yang umumnya bapak-bapak pekerja.

Penataan tempat harus kece, eksterior dan interiornya.

Meskipun berada di pedesaan, desain warungnya tetap harus menjadi perhatian. Jika bisa buatlah yang bagus supaya pengunjung betah. Karena pembeli warkop umumnya datang sekaligus untuk nongkrong dan juga ngobrol dengan teman-temannya.

Pilih bahan terbaik

Untuk menciptakan cita rasa yang khas dan membuat semua orang suka, bahan terbaik merupakan kuncinya. Jadi, carilah supplier yang tepat supaya mendapatkan bahan terbaik.

Jika usahamu ini sudah berkembang kamu bisa menggunakan mesin pembuat kopi, untuk mempercepat proses pembuatannya dan supaya cita rasanya tetap sama.

Pelajari cara pembukuan

Untuk bisnis dalam jangka yang panjang, belajarlah tentang pembukuan. Catat semua biaya keluar masuk sedetail mungkin agar bisa mempertahankan serta mengembangkan usaha ini dengan baik.

Promosi online dan offline

Manfaatkan media sosial guna memberitahu semua orang tentang bisnis kamu saat ini. Bukan hanya secara online, pemasaran juga dapat dilakukan dengan pelanggan yang datang.

Yaitu dengan memberikan pelanggan gratis ngopi 1 kali sesudah pembelian 10 kali berturut-turut contohnya. Kamu juga dapat menggratiskan rokok atau bisa juga item lainnya.

Yang terpenting dapat menarik pelanggan serta membuat mereka mau memberikan testimoni jadi ke depannya akan mengajak teman-temannya supaya nongkrong di warung kopimu.

Pelayanan yang ramah

Perlakukan pelanggan layaknya teman ataupun keluarga. Jadi mereka juga merasa dihargai serta tak sungkan ketika berada di warung kopi kamu.