resep nasi goreng mawut kaki lima

Resep Nasi Goreng Mawut Kaki Lima

Hai kawan-kawan semuanya, pada kesempatan dan artikel kali ini saya akan membagikan kepada kawanku sekalian semuanya resep nasi goreng mawut kaki lima yang ga kalah lezat dengan hidangan restoran, pastinya langkah dan tahapan pembuatannya juga sederhana. Jadi kawan-kawan tidak perlu khawatir jika tidak bisa mengikutinya.

Eitsss, tetapi sebelum ke pembahasan tersebut, saya ingin sedikit membahas hal tentang seputar nasi goreng mawut di artikel saat ini agar kawan-kawan sekalian semuanya bisa lebih mengenal lebih dalam soal makanan ini.

Langsung saja, tanpa perlu ada kata dan banyak basa-basi lagi, berikut ini pembahasan mengenai seputaran nasi goreng mawut ini.

Nasi Goreng Mawut

resep nasi goreng mawut kaki lima

Diantara kawanku semua pasti beberapa masih ada yang bingung nih bedanya nasi goreng biasa dengan nasi goreng mawut ini?. Nah, ternyata nasi goreng yang biasa itu berbeda dengan nasi goreng mawut ini. Nasi goreng mawut ini dasarannya adalah perpaduan dari nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng.

Dari hal ini, kawan-kawan sekalian sudah bisa membayangkan belum ? betapa nikmatnya nasi goreng saat disandingkan bersamaan dengan mie goreng? nasi gorengnya saja sudah enak ditambah lagi dengan mienya, jadi dobel enaknya dong pasti, hehehe.

Hidangan nasi mawut ini juga pasalnya lebih dikenal masyarakat dengan sebutan lain, yakni Magelangan karena banyak dari mereka yang percaya bahwa sajian hidangan nasi goreng mawut ini awalnya berasal dari daerah Magelang sana.

Meskipun demikian, nasi goreng mawut ini sendiri sebenarnya belum memiliki asal usul yang pasti. Tetapi ada satu hal yang jelas dari hidangan nasi goreng mawut ini, yakni menggunakan komposisi bumbu dan style dari penyajiannya yang mirip dengan nasi goreng Jawa dan pastinya berasal dari daerah Jawa.

Resep Nasi Goreng Mawut Kaki Lima

resep nasi goreng mawut kaki lima

Setelah sebelumnya saya membagikan dan juga membahas tentang hal seputaran nasi goreng mawut itu sendiri, pada bagian pembahasan kali ini saya akan membahas resep nasi goreng mawut ala kaki lima.

Tentunya langkah-langkah dan juga tahapan pembuatan nasi goreng mawut ini tentunya mudah untuk diikuti, agar nantinya kawan-kawan bisa mengikuti langkah-langkahnya dan juga menikmati nasi goreng mawutnya.

Langsung saja tanpa ada perlu banyak kata serta basa-basi lagi, berikut ini cara pembuatannya.

Bahan-bahan :

  • Nasi (secukupnya)
  • 1 buah/bungkus mie instan (merk apapun dan bisa diganti mie telur sebagai alternatifnya)
  • Kecap manis (secukupnya sesuai selera)
  • 1 telur
  • Cabai (bisa digunakan bisa tidak tergantung selera kalian)
  • Bakso (secukupnya sesuai selera dan juga dipotong kecil-kecil)
  • Sosis (secukupnya sesuai selera dan juga dipotong kecil-kecil)
  • Bawang putih cincang
  • Sayuran (boleh pakai caisim atau sawi sebagai alternatifnya)
  • saus tiram (merk apapun)
  • Garam secukupnya

Tahapan Cara Pembuatan :

  1. Hal pertama yang perlu kawan sekalian lakukan adalah memasak mie instan yang telah disiapkan sebelumnya (lakukan juga langkah tahapan yang sama jika anda menggunakan mie telur).
  2. Setelah mienya yang tadi matang, angkat mienya dan juga tiriskan. Kemudian dilanjutkan ke tahap pembuatan telur orak-arik terlebih dulu.
  3. Selanjutnya, kalian bisa menambahkan nasi yang sudah disiapkan dan mencampurnya dengan telur orak-arik tadi sudah dibuat.
  4. Setelah beberapa saat, kalian lanjutkan dengan memasukkan bakso dan juga sosis yang sudah disiapkan sebelumnya dan dilanjutkan dengan mengaduk kembali bahan tadi semuanya sampai sekiranya semua merata.
  5. Setelah sekiranya semua tercampur rata. Lanjutkan dengan menambahkan kecap asin, garam dan juga bumbu mie instan (jika menggunakan mie instan), kemudian aduk kembali sampai semua bahan tadi sekiranya merata.
  6. Selanjutnya, tambahkan dan masukkan sayuran yang sudah disiapkan, selain itu juga kalian harus memastikan sayuran yang akan digunakan sudah dicuci bersih.
  7. Kemudian dilanjutkan dengan menambahkan daun bawang dan juga saus tiramnya, kemudian aduk kembali hingga sekiranya semua tercampur merata.
  8. Setelah sekiranya sudah tercampur sampai rata, angkat dan sajikan. Jika kalian suka, kawan-kawan bisa menaburi bawang goreng di atasnya agar lebih enak dan mantap.

Itulah tadi artikel mengenai resep nasi goreng mawut kaki lima, diharapkan artikel kali ini bisa bermanfaat dan berguna buat kawan-kawan semuanya yang sedang tertarik membuat nasi goreng mawut.

Oh ya, jangan lupa baca juga artikel lainnya yang ada di situs ini ya!, sampai jumpa dilain kesempatan kawan-kawan sekalian !.