Radang paru pada anak

Radang Paru pada Anak, Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

Radang paru pada anak merupakan salah satu penyakit karena terinfeksi. Biasanya disebabkan karena virus yang menyerang alveoli pada paru-paru.

Apabila alveoli terdapat cairan penuh yang terinfeksi, maka akan mengurangi persediaan oksigen dan kapasitas pada paru-paru.

baca juga: cuci springbed bandung

Penyakit Radang Paru pada Anak dan Cara Mencegahnya

Biasanya radang paru-paru akan dikelompokkan pada penyebab infeksinya. Radang paru atau pneumonia disebabkan karena jamur. Penyakit ini lebih rentan terjadi pada bayi dan anak-anak.

Banyak orangtua yang tidak bisa mengenali gejala yang ditimbulkan dari radang paru. Padahal hal ini jika tidak segera ditangani, bisa menyebabkan kematian.

Biasanya bayi yang terserang penyakit ini karena infeksi, bisa mengalami muntah-muntah dan diare. Atau seperti mengalami demam yang tinggi, batuk, pilek, nyeri dada, dan sesak napas.

baca juga: cuci sofa bandung

Penyebab

Penyebab radang paru cukup beragam, mulai dari virus maupun bakteri. Selain itu, virus flu juga bisa memicu terjadinya pneumonia pada anak. Bahkan kondisi seperti ini bisa semakin parah.

Pneumonia pada bayi kemungkinan tidak akan menunjukkan tanda yang khas saat ia terinfeksi. Namun biasanya bayi akan tampak lebih lemas, pucat, lesu, dan sering menangis.

Selain itu, infeksi ini juga bisa disebabkan karena ada beberapa parasit atau jamur yang menyerang. Organisme itu akan masuk pada sistem paru-paru melalui udara yang dihisap.

Tak hanya itu saja, namun bisa menginfeksi paru melewati aliran darah sang bayi. Setelah masuk pada saluran pernapasan, maka akan menyerang alveoli dan parenkim di paru-paru. Tubuh pun juga akan terasa lebih lemas.

Cara Mencegah

Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya radang paru, seperti PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine). PCV merupakan salah satu jenis vaksin konjugasi dan vaksin pneumokokus. Digunakan sebagai perlindungan anak-anak dari penyakit yang disebabkan karena bakteri maupun virus.

Selain itu, vaksin flu juga mampu menjaga anak-anak dari pneumonia. Terlebih untuk anak yang memiliki asma maupun kondisi yang lain pada paru-paru

Istirahat yang cukup, karena jika kekurangan tidur bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh sulit melawan infeksi. Terakhir harus rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih supaya terhindar dari radang paru pada anak.