Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana dan Langkah Memulainya!

Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana dan Langkah Memulainya!

Siapa sih yang tidak mengenal minuman kopi? Ya, pasti semua orang pernah minum kopi. Biasanya kita akan mencari kedai kopi terdekat atau membuat sendiri untuk menikmati kopi ini. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai peluang usaha kedai kopi sederhana.

Usaha kedai kopi sudah sangat banyak ditemukan sekarang ini. Dengan berbagai konsep dan nuansa kamu bisa memilih yang mana yang kamu suka. Nah, kalau kamu tertarik untuk membuka usaha kedai kopi, yuk simak mengenai peluang usaha kedai kopi sederhana berikut ini.

Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana yang Wajib Di Ketahui

Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana dan Langkah Memulainya!
Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana dan Langkah Memulainya!

Seperti yang sudah kamu ketahui, bisnis kedai kopi ini mempunyai pasar yang sangat luas. Yang mana, semua kalangan mulai dari kelas bawah sampai atas, usia remaja sampai dewasa, bisa dipastikan menyukai kopi. Hal inilah yang menjadi alasan bisnis ini bisa meraih keuntungan besar.

Akantetapi, untuk mendapatkan keuntungan yang besar, kamu harus menyediakan kopi yang nikmat serta memilih tempat yang nyaman, dengan harga terjangkau, dan pelayanan yang baik.

Berbeda dengan bisnis lain, bisnis kedai kopi ini memungkinkan kamu untuk mendapat keuntungan atau omzet per hari. Yang mana, omzet ini akan terus meningkat saat hari libur misalnya weekend atau hari libur sekolah/ nasional.

Tak hanya itu, kebiasaan meminum kopi saat pagi hari juga akan memungkinkan kamu untuk meraih omzet harian yang lebih besar daripada bisnis lainnya.

Tak seperti bisnis kuliner yang lain, kalau kamu ingin memulai bisnis kedai kopi, kamu harus dapat menawarkan menu sederhana yang dikemas dengan cara unik dan modern.

Hal ini dilakukan supaya menarik minat konsumen, misalnya adalah menu kopi yang dicampur dengan cappuccino, green tea, moka, milk shake, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menyajikan makanan ringan yang dapat mendampingi konsumenmu ketika sedang meminum kopi, contohnya dengan menjual french fries, burger, cake, serta makanan ringan lainnya.

Tak perlu menyediakan bangunan coffee shop yang rumit serta terlalu banyak ornamen. Cobalah untuk menyediakan tempat yang membuat pelanggan nyaman serta berada di lokasi yang strategis.

Karena sekarang ini tren masyarakat Indonesia yaittu menikmati kuliner di tempat sederhana. Berikan unsur yang membuat mereka nyaman minum kopi seperti saat mereka minum kopi di rumah.

Kamu juga dapat memberikan fasilitas misalnya WiFi gratis, colokan listrik, dan lainnya. Hal ini akan memudahkan mereka yang ingin menikmati kopi dan bekerja. Dari sini kamu pasti sudah melihat betapa menjanjikannya bisnis kedai kopi ini.

Akantetapi, meski menjanjikan keuntungan yang lumayan besar, kamu harus terus memperhatikan keuangan bisnis. Jangan sampai keuntungan yang kamu peroleh tidak bisa tercatat dengan benar. Hal ini tentu bisa membuat bisnis kamu merugi.

Langkah Memulai Bisnis Kedai Kopi

Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana dan Langkah Memulainya!
Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana dan Langkah Memulainya!

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk kamu yang ingin memulai mencoba membuka usaha kedai kopi sederhana, yuk langsung saja di bawah ini langkah-langkah memulai usaha kedai kopi :

1. Menentukan Konsep Kedai Kopi
Langkah pertama yang harus kamu pikirkan yaitu konsep kedai kopi yang akan kamu buka. Banyaknya kedai kopi yang ada memaksamu untuk membuat konsep yang unik serta semenarik mungkin.
Bukan hanya unik, konsep kedai kopi kamu hendaknya memberikan pengalaman minum kopi yang berbeda dari kedai-kedai yang lainnya.
2. Riset Pasar Kedai Kopi
Sesudah menentukan konsep dan ide kedai kopi yang akan kamu buka, kini saatnya untuk melakukan riset yang lebih mendalam mengenai persiapan membuka warung kopi. Beberapa riset yang perlu kamu lakukan sebelum membuka kedai kopi yaitu :

Riset paling utama yang harus kamu lakukan yaitu pengecekan lokasi. Lakukan pengecekan pada lebih dari satu lokasi. Tujuannya yaitu untuk memberikan perbandingan antara satu lokasi dengan lokasi yang lain. Pastikan juga lokasi tersebut mendukung konsep warung kopi yang akan kamu buka.

Selain lokasi, kamu juga perlu melakukan riset terhadap peminat kopi yang diharapkan menjadi pengunjung kedai kopi kamu kelak. Konsep kedai kopi dan ide inovatif kamu harus didukung dengan target pengunjung yang tepat.

Lakukan riset tentang dimana kamu nantinya akan membeli bahan baku kopi. Kunjungi lebih dari satu supplier serta pilih supplier yang memberikan harga terjangkau dengan bahan baku berkualitas.

Bukan hanya itu, pastika supplier juga mudah dihubungi serta mempunyai ketersediaan bahan baku yang melimpah. Jadi saat kamu membutuhkan bahan baku, kamu dapat dengan mudah memperolehnya.

3. Target Market Kedai Kopi
Kenali target pasar dari kedai kopi yang akan kamu buka. Contoh, kalau kamu mengincar kalangan remaja atau anak muda maka kamu perlu membuka sebuah warung kopi dengan menu-menu yang unik dan juga menarik.
Perbanyak varian menu misalnya kopi olahan ice blend yang begitu digemari oleh para anak muda.
Berbeda halnya kalau kamu menargetkan pasar kepada pasar yang lebih luas lagi, kamu harus membuat resep kopi house blend racikan kamu sendiri agar kedai kopi kamu dapat mempunyai rasa yang unik serta berbeda dari kedai kopi lainnya.
4. Mencari Bahan Baku
Bahan baku untuk membuat kopi tentu saja berasal dari biji kopi yang berkualitas. Ketika mencari bahan baku, lakukan survey pada beberapa supplier terlebih dahulu.
Supaya menghemat waktu, kamu dapat bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman agaar mendapatkan referensi dari bahan baku yang dibutuhkan.

Untuk peralatan yang kamu butuhkan untuk usaha kedai kopi ini yaitu mesin pembuat kopi, supaya hasil kopinya nanti tetap sama dan lebih cepat.

5. Dekorasi Kedai Kopi
Memanjakan mata pengunjung dengan dekorasi menarik yang pastinya instagrammable adalah hal yang wajib kamu lakukan. Kamu dapat menyiapkan beberapa pot bunga beserta tanaman yang segar, atau menambahkan lukisan menarik yang bisa memperindah kedai kopi kamu.
Hal terpenting yaitu kamu harus menjaga kebersihan serta kerapian warungmu jadi pengunjung merasa nyaman kalau berada di kedai kopi kamu.
6. Menguasai Teknik Pemasaran
Sebelum membuka kedai kopi, kamu sebaiknya melakukan promosi. Kamu dapat melakukannya lewat sosial media. Buatlah postingan di sosial mediamu dengan gambar serta kata-kata yang menarik. Kamu juga dapat memberikan harga promo untuk barang yang kamu jual, jadi bisa menarik pembeli.