10 Oleh-Oleh Khas Kota Surabaya

10 Oleh Oleh Khas Kota Surabaya

Oleh-Oleh Khas Surabaya – Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang sangat mengasikkan untuk dikunjungi. Selain banyak sekali tempat wisata yang bisa anda dan keluarga kunjungi, Surabaya juga memiliki banyak sekali tempat wisata kuliner khas Surabaya yang harus anda coba jika berkunjung ke Surabaya.

Top 10 Oleh Ole Khas Surabaya

Kota yang dijuluki kota pahlawan ini juga memiliki oleh – oleh khas kota Surabaya yang seharusnya tidak boleh dilewatkan jika anda berkunjung ke Surabaya, untuk diberikan kepada keluarga yang ada di rumah. Jadi apa saja oleh – oleh khas Surabaya? Tenang, Surabaya punya banyak sekali pilihan oleh – oleh yang bisa anda bawa pulang. Berikut adalah 10 oleh – oleh khas Surabaya yang bisa anda beli jika berkunjung ke kota pahlawan ini.

1. Sambal Bu Rudy

Alkasih seorang penjual warung makan bernama Bu Rudy, pada awalnya menjual menu makanan seperti ayam goreng, bebek goreng, yang disajikan dicampur dengan sambal khas buatan Bu Rudy sendiri. Dan karena enak, beberapa pelanggan selalu ingin membeli sambal tersebut. Dan akhirnya terpikir untuk menjual Sambal dengan tempat sendiri, dan lahirlah sambal Bu Rudy yang terkenal dari Surabaya.

Sambal Bu Rudy sendiri dijual dalam berbagai rasa yang paling populer adalah tiga rasa yaitu sambal bawang, sambal bajak dan sambal ijo. Harganya pun cukup terjangkau satu paket sambal setopan (3 rasa yaitu bawang, bajak, dan ijo), dengan kemasan 150ml dijual dengan harga 75ribu.

2. Kue Lapis Legit

Kue Lapis merupakan salah satu makanan enak di Surabaya yang banyak diminati wisatawan. Satu makanan atau kuliner yang wajib anda bawa pulang saat berkunjung ke Surabaya adalah kue lapis legit. Ada satu kue lapis legit yang sangat terkenal di Surabaya, bahkan sudah terkenal di luar kota Surabaya, yaitu Spikoe Resep Kuno. Kue lapis.

Kue lapis tidak hanya menjadi oleh oleh khas Surabaya namun bahkan menjadi menu favorif di berbagai layanan catering wedding khususnya yang adai di wilayah Surabaya sendiri. Maksum saja, kue ini memang disukai oleh masyarakat Jawa Timur.

Anda bisa mengunjungi toko yang menjual kue lapis legit Spikoe Resep Kuno ini di Jalan Rungkut Madya No. 49, Kota Surabaya. Ada 3 menu andalan di toko oleh oleh khas Surabaya yang satu ini, yaitu Spikoe Prunes, Spikoe Speculaas, dan Spikoe tanpa kismis yang dijual dengan kisaran harga 80ribu rupiah hingga 170ribu rupiah.

3. Kue Lapis Kukus Pahlawan

Jika anda mencari oleh – oleh yang kekinian di Surabaya, mungkin kue lapis pahlawan ini bisa jadi pilihan. Kue lapis kukus pahlawan ini berbahan dasar singkong, dan merupakan salah satu oleh – oleh yang sayang untuk dilewatkan jika anda sekeluarga berkunjung ke Surabaya.

Kue lapis kukus ini belakangan ini menjadi sangat populer dikalangan anak muda terutama di media sosial, karena beberapa brand baru bermunculan di Surabaya, tapi citarasa dari kue kukus memang sudah menjadi sebuah ciri khas yang di miliki oleh kota pahlawan ini.

Lihat Juga : Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana

4. Kue Almond

Kue berbahan dasar kacang almond ini sangatlah layak dicoba untuk anda bungkus. Kue almond ini sebenarnya ada beberapa rasa seperti keju, coklat, tapi yang menjadi andalan dan banyak dicari adalah kue almond dengan rasa keju.

Brand kue almond juga banyak tersebar di Surabaya seperti boga jaya, gosyen, wisata rasa, d’ollinos, Maria Law, lusiana, dll. Jadi jangan lupa untuk membeli kue almond saat anda berkunjung ke Surabaya.

5. Kerupuk Kenjeran

Salah satu daerah penghasil kerupuk di Surabaya adalah Kenjeran. Yang unik dari kerupuk yang dihasilkan di Kenjeran ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk adalah ikan. Hasil laut ikan diolah sedemekian rupa hingga menjadi olahan krupuk yang khas.

Oleh – oleh kerupuk ikan ini bisa anda dapatkan di sepanjang daerah Kenjeran, dari yang matang atau kerupuk mentah semua ada.

6. Dendeng Dan Abon

Jika anda penggemar abon terlebih abon sapi, anda wajib untuk mencoba abon sapi Padmosusastro. Abon sapi Padmosusastro ini sangat terkenal di kota pahlawan ini. Sebenarnya ada banyak merk abon sapi dan ayam yang bisa anda bawa pulang dari kota Surabaya, tapi rekomendasi dari orang – orang sudah mencoba abon sapi di Surabaya jatuh ke Abon Sapi Padmosusastro.

Untuk dendeng juga sama banyak juga yang bisa anda pilih tapi dendeng sapi Kapulaga menjadi salah satu dendeng oleh – oleh khas Surabaya yang cukup populer. Olahan daging sapi tipis yang empuk dan tentunya nagih.

7. Belinjo Udang Surabaya

Anda suka dengan oleh – oleh yang berbahan dasar ikan? Belinjo udang bisa jadi pilihan. Salah satu oleh – oleh yang sangat populer jika anda berkunjung ke toko oleh – oleh di sekitar Surabaya. Belinjo udang sangat mudah untuk dijumpai, salah satu yang populer adalah Belinjo Udang Boga Jaya.

8. Kue Bikang Peneleh

Indonesia memang kaya akan kuliner tradisional yang memiliki citarasa yang sangat nikmat, salah satunya adalah kue bikang. Di Surabaya sendiri ada beberapa toko yang menjual kue tradisional ini, yaitu kue bikang peneleh, yang dipercaya merupakan salah satu toko yang menjual kue bikang terlama di Surabaya.

Nah, jika berkunjung ke Surabaya jangan lupa untuk luangkan waktu anda dating ke daerah peneleh untuk mencoba jajanan kuliner dan oleh – oleh tradisional ini ya?

9. Guna – guna Snack

Oleh – oleh khas Surabaya yang menjadi cukup terkenal di Surabaya adalah guna – guna snack. Snack yang menjadi andalannya adalah keripik kentang dan keripik singkong. Kedua jajanan kuliner ini dikemas sedemikian rupa hingga menarik pembeli dan yang pasti memiliki citarasa khas yang membuat pembeli ketagihan.

Tapi bukan hanya keripik singkong dan keripik kentang, guna – guna snack juga menyediakan snack oleh – oleh lainnya seperti keripik bakso, keripik udang, keripik buah, dan sebagainya.

10. Siropen Telasih

Daritadi kita hanya membahas oleh – oleh berupa makanan, tapi sebenarnya Surabaya memiliki satu minuman khas yang sangat melegenda. Sudah berdiri sejak masih dijajah oleh belanda, tepatnya berdiri pada tahun 1923, yaitu minuman Siropen Telasih.

Menu andalan oleh – oleh siropen selasih adalah premium dan telasih, yang dijadikan sebagai oleh – oleh khas Surabaya. Anda juga bisa berkunjung ke pabrik minuman ini yang juga menjadi cagar budaya, tempat wisata di Surabaya.