Manfaat Minum Minyak Kelapa Murni untuk Tubuh

MANFAAT MINUM MINYAK KELAPA MURNI UNTUK TUBUH

manfaat minum minyak kelapa murni
manfaat minum minyak kelapa murni

Shively Update – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat minum minyak kelapa murni untuk tubuh.

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) akhir-akhir ini tengah menjadi populer. Hal ini karena minyak kelapa VCO memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Minyak VCO memiliki manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Minyak kelapa murni ini dihasilkan dari proses ekstrasi buah kelapa segar. VCO mengandung kandungan yang baik untuk tubuh. Kandungan tersebut antara lain asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat.

Manfaat Minum Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan

manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan
manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan

Simak penjelasannya di bawah ini;

  1. Kandungan Polifenol untuk Jantung

Manfaat minyak vco salah satinya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan polifenol dalam minyak kelapa kelapa murni mampu mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh penumbukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

  1. Mengurangi Lemak Jahat

Minyak kelapa murni juga bisa mengurangi lemak jahat yang ada dalam tubuh. Manfaat minyak vco dapat menurunkan kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan dapat meningkatkan lemak baik.

  1. Untuk Diabetes

Manfaat minyak vco selanjutnya yautu untuk diabetes. Rantai asam lemak dalam minyak kelapa dipercaya mampu memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga diyakini mampu memperbaiki sensitivitas insulin.

  1. Mengurangi Risiko Alzheimer

Kandungan zat keton yang terkandung dalam minyak kelapa murni merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah.

Keton juga mampu membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

  1. Mencegah Penyakit Hati

Sebuah penelitian dengan hewan laboratorium melihat efek konsumsi minyak kelapa pada kesehatan hati. Hasilnya, hewan yang mengonsumsi minyak kelapa secara teratur selama 4 minggu memiliki kesehatan hati yang lebih baik daripada yang tidak.

Namun, para peneliti masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk memastikan efektivitas minyak kelapa ini pada manusia.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Khasiat minyak kelapa dalam hal ini diyakini karena adanya bahan unik yang disebut MCT, bahan ini dirancang untuk mengubah lemak dalam minyak kelapa secara langsung menjadi energi dan tidak menumpuk di dalam tubuh dalam waktu lama.

Namun, bukan berarti minyak kelapa bisa digunakan sebagai satu-satunya solusi penurunan berat badan. Anda masih perlu mengimbanginya dengan makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Hati dapat mengubah kandungan minyak kelapa menjadi keton. Keton merupakan sumber energi alternatif bagi otak.

  1. Memerangi Infeksi Bakteri dalam Tubuh

Virgin Coconut Oil atau VCO memiliki sifat antibakteri. Jadi minyak jenis ini bisa digunakan untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

Manfaat minyak kelapa dalam hal ini diketahui dari penelitian laboratorium, meskipun tidak menggunakan hewan sebagai percobaan atau objek manusia.

  1. Menjadi Alternatif Bahan Makanan yang Lebih Sehat

Minyak kelapa bisa Anda gunakan sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan minyak kedelai, misalnya. Minyak ini dapat digunakan untuk membuat mayones atau cokelat, yang lebih sehat daripada yang Anda beli di supermarket

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam sebuah percobaan pada hewan, minyak kelapa telah terbukti mempercepat penyembuhan luka karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi peradangan pada kulit.

Anda dapat mencoba ini dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka yang lebih kecil dan menutup luka dengan perban. Namun, hati-hati saat menggunakannya dan pastikan bahan dan alat yang digunakan benar-benar steril untuk menghindari infeksi.

  1. Dipercaya Dapat Melawan Jamur

Minyak kelapa murni juga dianggap membantu melawan infeksi jamur Candida albicans. Penelitian serupa telah dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat minyak kelapa dalam memerangi infeksi bakteri.

  1. Membersihkan Rongga Mulut

Berkumur dengan minyak kelapa adalah metode perawatan gigi tradisional yang sudah ada sejak lama. Metode ini dirancang untuk melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang, meringankan gejala gingivitis, dan menjaga keseimbangan bakteri di rongga mulut.

  1. Membuat Rambut Berkilau

Beberapa orang percaya bahwa mengoleskan minyak kelapa ke rambut membuat rambut bersinar dan melindunginya dari kerusakan. Hal ini karena minyak ini dapat diserap ke dalam kulit kepala dan lebih baik dari minyak mineral.

Namun, manfaat minyak kelapa sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Tidak ada salahnya untuk mencobanya, tetapi ada baiknya untuk mengetahui apakah jenis rambut Anda cocok dengan perawatan minyak kelapa.

  1. Melembapkan Kulit

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembab yang baik untuk kaki, tangan dan siku. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai pelembab wajah untuk kulit kering, manfaat minyak kelapa untuk kulit tidak berhenti sampai di situ.

Karena bahan minyak kelapa murni ini juga dikatakan dapat membantu memperbaiki tumit yang pecah-pecah, untuk perawatan ini Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada tumit sebelum tidur lalu memakai kaos kaki. Ulangi cara ini sampai tumit Anda halus.

Baca artikel menarik lainnya di sini : Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan

  1. Memperbaiki Pencernaan

Minyak kelapa juga berkhasiat untuk meningkatkan pencernaan karena dapat membantu tubuh menyerap vitamin, kalsium, dan magnesium yang larut dalam lemak. Jika minyak vco dikonsumsi bersamaan dengan asam lemak omega-3, itu dapat membuatnya dua kali lebih efektif, karena sudah tersedia untuk dicerna dan digunakan oleh tubuh.

Minyak kelapa vco mampu membantu meningkatkan bakteri dan kesehatan usus dengan menghancurkan bakteri jahat dan kandida. Adanya ketidakseimbangan Candida bisa menurunkan asam lambung, yang dapat menyebabkan peradangan dan pencernaan yang buruk.

Minyak kelapa sangat berkhasiat untuk kesehatan pencernaan dan membantu mengobati atau mencegah sakit maag dan radang usus besar.

Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kecantikan

manfaat minyak kelapa murni
manfaat minyak kelapa murni

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, ternyata minyak kelapa murni juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Manfaat tersebut antara lain;

  1. Mengobati Jerawat

Minyak kelapa murni atau VCO yang mengandung asam laurat dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri pada jerawat.

  1. Untuk Scrub

Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai lulur untuk mengangkat sel kulit mati dari tubuh. Caranya campurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas garam. Kemudian gunakan campuran ini untuk menggosok di kamar mandi.

  1. Menghilangkan Flek Hitam

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat menutupi bekas jerawat, flek hitam, tanda penuaan dini, bahkan bekas luka. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada area yang diinginkan. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  1. Menghapus Makeup

Manfaat minyak kelapa selanjutnya adalah dapat menghapus make-up. Minyak kelapa akan membuat pori-pori kulit wajahmu terbebas dari make up.

Tips Mengonsumsi Minyak Kelapa Murni

Dalam mengonsumsi minyak kelapa murni Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Ada beberapa jenis minyak kelapa, dan semuanya dapat memberikan efek yang berbeda apabila dikonsumsi. Sehingga, manfaat minyak kelapa di atas, belum tentu berlaku bagi semua jenisnya.

Secara umum, minyak kelapa yang terbaik adalah yang paling sedikit diproses. Seperti minyak kelapa extra virgin. Jenis minyak kelapa ini dibuat dengan buah segar yang matang dan tidak diproses pada suhu tinggi atau bahan kimia tambahan lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari minyak kelapa, pilihlah minyak kelapa yang tidak terlalu banyak diproses.

Selain itu juga, jangan mengkonsumsi minyak kelapa murni dalam jumlah berlebihan. Alasannya yaitu karena kandungan kalori dalam kelapa cukup tinggi, sehingga bisa menambah lemak dan berat badan.

Penggunaan minyak kelapa murni juga tidak disarankan untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Pada kelompok individu ini, konsumsi lemak jenuh tidak disarankan melebihi 6% dari total kalori harian karena dapat mengganggu kesehatan jantung.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Stay Safe!