Makanan Ringan Khas Makassar

Makanan Ringan Khas Makassar

Selain memiliki kuliner yang terkenal enak enak seperti coto, pallumara, dan konro, Makassar juga memiliki beberapa makanan ringan yang juga tak kalah enak, lho. Ada banyak sekali makanan ringan khas Makassar yang bisa kita coba. Pada artikel kali ini saya akan membahas darter makanan ringan khas Makassar. Simak terus artikel ini sampai akhir.

Makanan ringan atau camilan adalah makanan yang biasa dikonsumsi saat sedang senggangatau untuk menemani suatu kegiatan seperti menonton tv, minum kopi atau teh, maupun saat mengerjakan tugas. Tidak seperti makanan berat yang langsung membuat perut kenyang, makanan ringan hanyalah untuk mengganjal perut lapar.

Makassar adalah sebuah kota yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan serta terletak di wilayah Indonesia bagian timur. Sebagai kota besar, tentu saja Makassar menjadi tempat dengan banyak budaya bersatu. Hal itu akan memengaruhi kebudayaan masyarakat Makassar sendiri. Hal tersebut tentu saja juga berpengaruh dalam cita rasa kuliner dan makanan khas Makassar.

10 Makanan Ringan Khas Makassar

Ada banyak sekali makanan ringan khas Makassar yang terkenal enak enak dan lezat. Beberapa diantaranya bahkan sering dijadikan sebagai oleh oleh saat berkunjung ke kota daeng ini, dan ada beberapa juga yang bahkan sudah diekspor ke luar negeri. Berikut ini adalah daftar beberapa makanan ringan khas Makassar.

1. Kacang Sembunyi

Makanan dalam daftar pertama artikel ini adalah kacang sembunyi. Kacang sembunyi adalah salah satu makanan ringan yang cukup populer di Makassar karena rasanya yang enak, manis, dan gurih serta karena namanya yang sangat unik.

Bentuk makanan ini seperti molen mini yang terbuat dari adonan tepung terigu yang didalamnya diisi kacang tanah lalu dibentuk agar kacang tersebut tertutup oleh adonan tepung sehingga nampak seperti bersembunyi. Setelah digoreng kacang sembunyi akan dibaluri oleh caramel sehingga menjadikan rasanya manis dan teksturnya renyah.

Kacang sembunyi sangat mudah dijumpai karena sudah banyak yang menjualnya. Makanan ringan ini sangat digemari karena rasanya yang luar biasa enak.

2. Kacang Disko

Ada lagi makanan ringan khas Makassar yang terbuat dari kacang tanah. Nama makanan ini adalah kacang disko. Ya, makanan ringan satu ini juga sama sama memiliki nama yang sangat unik. Kacang disko biasanya terdapat di bali, namun di Makassar juga ada kacang disko, bahkan sudah menjadi makanan khas kota ini.

Teksturnya renyah, sama seperti kacang sembunyi, namun bedanya kacang disko rasanya gurih tidak manis. Dari segi bentuk pun berbeda, meskipun kacang tanahnya sama sama tertutup oleh adonan tepung. Kacang disko ini memiliki bentuk bundar yang tidak rata dengan beragan variasi rasa, seperti original dan variasi rempah rempah.

Karena teksturnya yang renyah membuat kacang disko sangat digemari oleh remaja dan orang dewasa untuk dijadikan sebagai teman nongkrong maupun menonton tv.

Disarankan juga untuk membaca artikel mengenai makanan khas Bugis Makassar.

3. Kue Tori atau Beppa Tori

Kue tori atau beppa tori adalah kue khas Makassar yang berasal dari Toraja serta memiliki rasa yang sangat enak. Makanan ini mirip dengan kue cucur di pulau Jawa yang terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah, namun bentuknya berbeda.

Beppa tori berwarna coklat gelap dengan taburan biji wijen dan berbentuk lonjong sehingga menjadikannya mirip seperti churros. Bahkan kue ini sering kali mendapat julukan sebagai churros ala Toraja. Rasa kue tori ini sangat manis dan legit karena menggunakan gula merah sebagai salah satu bahannya.

4. Kue Baruasa

Masih tentang kue, makanan ringan khas Makassar ini adalah sejenis kue kering dan bernama kue baruasa. Karena termasuk dalam jenis kue kering, baruasa memiliki tekstur yang kering dan renyah. Rasa dari baruasa adalah manis dan gurih. Bentuk kue ini adalah bundar dengan warna kecoklatan.

Bahan bahan yang digunakan untuk membuat kue baruasa adalah tepung terigu, kelapa parut, telur, dan masih banyak lagi. Saat hari hari besar seperti penikahan dan idul fitri, kue baruasa sangat mudah untuk dijumpai. Kue baruasa sangat cocok untuk menemani minum teh di pagi hari atau dimakan sebagai camilan dengan keluarga atau temanmu.

5. Bagea

Makassar memang memiliki beragan kue kue yang pastinya akan membuatmu katagihan. Nama kue khas Makassar selanjutnya adalah bagea. Warna dan bentuk dari kue bagea hampir sama seperti kue baruasa yaitu bundar berwarna kecoklatan, bedanya bagea terbuat dari tepung sagu bukan tepung terigu.

Dari segi tekstur pun baruasa dan bagea sangat berbeda. Teksturnya lebih keras karena cara memasaknya yaitu dipanggang sehingga teksturnya lebih kering. Sama seperti kue baruasa, bagea juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi di pagi hari.

6. Otak Otak Ikan Khas Makassar

Daftar makanan ringan selanjutnya adalah otak otak ikan khas Makassar. Sama seperti otak otak dari daerah lain, otak otak khas Makassar juga terbuat dari adonan tepung tapioka dan daging ikan tenggiri yang dicampur dengan beberapa bumbu agar rasanya lebih mantap.

Meskipun dibuat dari bahan yang sama, tentu saja ada perbedaan antara otak otak khas Makassar dengan daerah lain, yaitu cara pengolahannya yang sangat berbeda dan unik. Otak otak ikan khas Makassar diolah dengan cara dibakar, bukan digoreng, dan dibungkus menggunakan daun pisang sehingga menjadikan rasa dan aromanya sangat unik dan enak.

Makanan ini memiliki tekstur yang lembut serta banyak dijumpai di Makassar, terutama di sepanjang pantai Losari. Dalam menikmati otak otak ikan khas Makassar ini akan lebih nikmat jika bersama dengan sambal kacang yang pedas.

7. Kerupuk Jintan

Ada kerupuk khas Makassar yang bisa dijadikan sebagai makanan ringan dan juga camilan, namanya adalah kerupuk jintan. Kerupuk jintan terbuat dari adonan tepung terigu, terigu, soda kue, dan yang paling utama adalah bubuk jintan.

Sebenarnya jintan adalah semacam rempah rempah yang biasa digunakan untuk memasak, namun oleh masnyarakat Makassar malah dijadikan sebagai bahan membuat kerupuk. Teksturnya renyah dan gurih. Lebih menyerupai sebagai kue kering, namun karena dimasak dengan cara digoreng makanya manan ini dinamai sebagai kerupuk. Kerupuk jintan memiliki rasa yang khas dan sangat cocok dijadikan sebagai camilan.

8. Mantao Pare

Mantao pare adalah makanan ringan khas Makassar yang termasuk dalam golongan kue dan memiliki bentuk seperti bakpau. Berwarna bulat putih dengan beberapa variasi isian, seperti cokelat, daging, rendang, atau yang lainnya sesuai selera masing masing.

Jika ingin tampilannya lebih menarik dan rasanya lebih bervariasi, bisa juga ditambahkan topping di atasnya seperti lelehan coklat, selai, atau abon agar rasanya lebih nikmat lagi. Cara mengolah mantao pare bisa dikukus maupun dimakan langsung. Mantao pare ini merupakan makanan ringan yang juga dapat mengenyangkan perut.

9. Bannang Bannang

Bannang bannang adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung dan gula aren yang sangat banyak sehingga menjadikan rasanya sangat manis dan legit. Bentuk dari bannang bannang ini sangat unik dan menarik, yaitu berbentu seperti benang kusut yang dilipat lipat lalu dibentuk menjadi tabung.

Pada bagian luarnya juga ditambahi dengan lapisan karamel, yang membuat rasanya menjadi lebih manis dan teksturnya lebih renyah. Bannang bannag sering disajika saat upacara pernikahan di kota Makassar karena bentuknya yang mirip benang dianyam ini melambangkan ikatan yang kuat dan erat.

10. Dangke

Dangke adalah makanan ringan yang pembuatannya sangat susah dan membutuhkan waktu yang lama, hampir mirip seperti pembuatan keju. Terbuat dari susu sapi atau kerbau yang direbus bersama dengan getah papaya hingga menjadi gumpalan gumpalan.Getah pepaya sangat penting dalam proses tersebut untuk memisahkan kandungan lemak dan air pada susu.

Kemudian gumpalan gumpalan tersebut ditaruh disuatu wadah lalu difermantasi selama beberapa hari. Setelah difermentasi, dangke biasanya diolah lagi dengan cara dibakar, atau ditumis, bahkan ada juga yang digoreng dan dijadikan kerupuk.

Itulah 10 daftar makanan ringan khas Makassar. Semua makanan ringan tersebut memiliki rasa yang enak dengan cita rasa masing masing. Kamu harus mencoba beberapa makanan ringan diantara daftar makanan di atas.