Keuntungan Berangkat Haji dengan ESQ Tours

Jalankan beribadah haji ke tanah suci sebagai kemauan yang pasti berada di tiap kaum muslim di dunia. Selainnya pahami perjalanan religius yang sudah dilakukan oleh Nabi dan beberapa teman dekat, melaksanakan ibadah haji tentunya bisa mengubah watak seorang menjadi individu yang lebih bagus.

Banyak makna yang dapat Anda peroleh saat sedang melaksanakan ibadah haji, baik yang di tulis dalam Al Qur’an atau makna tertentu yang didapatkan oleh tiap jemaah. Beberapa jemaah haji yang sudah pulang ke tanah air diharap mendapatkan pencerahan yang bisa di adaptasikan dalam kehidupan setiap hari sepulangnya berhaji. Berhaji bukan sekedar proses jadi haji, dengan ESQ Hajj Anda akan pahami makna menjalankan beribadah haji bisa dijumpai dengan beberapa tanda-tanda sikap sebagai berikut.

Makna khusus dari beribadah haji sebagai wujud Kepatuhan dan penyerahan diri ke Allah SWT. Saat Allah panggil Anda, karena itu Anda segera penuhi panggilannya untuk selekasnya ke arah tanah suci meskipun harus tempuh perjalanan yang paling jauh dengan keluarkan dana yang cukup banyak untuk penuhi panggilannya, menyempatkan saat yang benar-benar berhargan dan tinggalkan keluarga. Dengan begitu seorang haji akan siap jika Allah memerintahnya melakukan pekerjaan mulia dari Allah karena untuk penuhi pekerjaan yang susahpun kita sudah siap tiba penuhi panggilannya.

Saat di tanah suci, jemaah haji dibiasakan untuk berlaku disiplin melakukan semua ritus haji dan sholat secara berjemaah di setiap waktunya. Rutinitas disiplin tersebut yang diharap bisa menempel di kehidupan seterusnya. Berhaji dengan ESQ Hajj akan membuat Anda pahami tiap ritus yang digerakkan pada proses berhaji. Sama seperti yang disebutkan Hasan al-Bashari, “Bersegerah, besegeralah, sebenarnya tersebut napasmu, bila sudah dihisab nisacaya dia akan terputus darimu amal ibadahmu yang dengannya kamu dekatkan diri pada Allah swt, mudah-mudahan Allah swt memberi rahmat-Nya ke seorang yang merenungkan dianya dan menangisi dosanya, selanjutnya dia membaca firman Allah swt: “karena sebenarnya Kami cuma hitung hadirnya (hari siksaan) buat mereka dengan penghitungan yang cermat” (QS. Maryam: 84).

Selalu ingat kematian, sama seperti yang disebutkan Umar bin Abdul Aziz: “Kematian ini meredam warga dunia dari kepuasan dunia dan perhiasaannya yang mereka cicipi, hingga ketika mereka pada kondisi semacam itu kematian tiba jemputnya, karena itu nahas dan merugilah orang yang tidak takut mati dan tidak mengingatnya ketika suka hingga bisa memberi kebaikan yang hendak didapatkaninya sesudah dia tinggalkan dunia dan beberapa penghuninya”. Selalu perbanyak berdoa ke Allah SWT, supaya Ia selalu memutuskan kita dalam keta’atan, melempengkan cara dan selalu jalani lajur agama-Nya yang betul. Rasulullah saw perbanyak do’a ke Allah swt supaya memutuskannya di atas agama-Nya, Umumnya doa beliau ialah “Wahai Dzat Yang membolak-balikan hati, tetapkanlah hatiku ada di atas agama-Mu”

Beribadah haji akan tumbuhkan motivasi untuk mengoreksi diri. Seorang yang berlimpah dosa, kerap patah semangat dengan dosa-dosanya hingga berasa telah telanjur dengan dosa-dosanya. Dengan agunan Allah jika haji akan hapus dosa, seakan-akan kita akan disegarkan kembali, hingga bisa terpacu untuk jaga diri supaya tidak melakukan perbuatan dosa kembali. ESQ Hajj akan menolong jemaah jadi haji yang mabrur, mabrur tidak cuma pada proses jadi haji tetapi mabrur yang sepenuhnya pahami tiap proses dengan pemaknaan.

Keadaan yang hendak ditemui sepanjang melakukan beribadah haji akan tumbuhkan jiwa sabar. Dengan keadaan nyaris empat juta manusia bergabung pada satu saat dan satu tempat karena itu sarana yang ada jadi benar-benar terbatas. Tiap aktivitas memerlukan kesabaran yang tinggi. Sebenarnya kesudahan untuk beberapa orang yang bersabar ialah surga: “Dan beberapa orang yang sabar karena cari keridhaan Rabbnya, membangun shalat, dan menafkahkan beberapa rezeki yang Kami beri ke mereka, secara bersembunyi atau terus-terang dan menampik kejahatan dengan kebaikan; beberapa orang tersebut yang mendapatkan tempat kesudahan (yang baik), (yakni) surga ‘Adn yang mereka masuk kedalamnya bersama dengan beberapa orang yang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke beberapa tempat mereka dari semua pintu; (sekalian mengucapkankan):”Salamun ‘alaikum bima shabartum”.Karena itu sebaiknya tempat kesudahan itu” (QS. Ar-Ra’ad:22-24)

Menghayati perjuangan beberapa rasul, di Tanah suci kita akan berkunjung beberapa tempat monumental beberapa nabi dan rasul. Dengan melihat beberapa tempat itu dan pelajari sepak-terjang mereka karena itu kita akan sampai pada tingkatan ainul percaya dan haqul percaya hingga memberikan inspirasi kita untuk belajar dari beberapa perintis. Beribadah haji sarat dengan ‘gerakan’ dari 1 tempat ke arah lain tempat. Dari Miqat ke arah Arafah, dari Arafah ke arah Muzdalifah, dari Muzdalifah ke arah Mina. Haji sebagai pergerakan bukan hanya perjalanan. Jika perjalanan akan sampai pada ujung, karena itu haji ialah target yang usaha kita mendekati, bukan arah yang kita raih. Untuk ke arah Allah ada 3 babak yang perlu dilewati : Arafah, Masy’ar (Muzdalifah) dan Mina. Arafah memiliki arti “Pengetahuan”, May’ar berari “Kesadaran” dan Mina memiliki arti Cina dan keimanan. Arafah menyimbolkan pembuatan manusia dan tempat tatap muka Adam dan Udara, di sanalah mereka sama-sama kenalan.

Jika anda ingin berangkat haji lebih cepat, bisa mendaftar haji onh plus. Untuk biaya haji onh plus harganya berbeda dengan haji reguler, mungkin sedikit lebih mahal.

Hubungi ESQ Tours untuk informasi lebih lanjut.