Peluang Usaha Kedai Kopi Sederhana dan Langkah Memulainya!

Kekurangan Usaha Kedai Kopi yang Harus Kamu Ketahui!

Sekarang ini usaha kedai kopi sudah banyak ditemukan, itu karena usaha ini cukup menjanjikan di masa sekarang ini. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa kekurangan usaha kedai kopi.

Setiap usaha atau bisnis pasti mempunyai risiko, bisa saja mendapatkan keuntungan atau malah sebaliknya. Usaha kedai kopi ini juga mempunyai resiko yang besar sampai membuat usaha ini bisa bangkrut.

Kekurangan Usaha Kedai Kopi yang Harus Kamu Tahu!

Cara Membuat Kopi dan Bahannya yang Mudah Ala Rumahan
Kekurangan Usaha Kedai Kopi yang Harus Kamu Ketahui!

Sebelumnya mungkin kamu mempunyai rencana untuk membuka kedai kopi, tapi yuk simak dahulu beberapa kekurangan atau kelemahan usaha kedai kopi berikut ini :

1. Kondisi Ekonomi Berpengaruh

Kedai kopi biasanya dijadikan sebagai tempat tongkrongan. Para pelanggan yang datang akan memesan minuman kopi ataupun makanan biasa. Nah, kondisi keuangan masyarakat ini akan berpengaruh pada usaha kedai kopi tersebut.

Kebanyankan orang yang nongkrong di kedai kopi adalah dari kalangan anak muda. Jadi sudah wajar kalau suatu saat kedai kopi kamu sepi.

Terlebih lagi harga berbagai kebutuhan pokok meningkat, lapangan kerja yang sedikit, aorang yang menghabiskan waktu di kedai kopi akan menjadi semakin banyak .

2. Ramai di Permulaan Saja

Kalau kita lihat pada setiap kedai kopi pasti pada waktu awal-awak dibuka akan ramai pengunjung. Apalagi biasanya dengan adanya promo menarik.

Kemudian pada hari berikutnya mulai sepi, seperti tidak mungkin orang-orang ini akan nongkrong setiap hari di kkedai kopimu.

3. Modal yang Banyak

Kelemahan ynag sesungguhnya yaitu modal sedikit. Kedai kopi yang didesain minimalis tanpa adanya konsep menarik yang lebih modern serta tidak bertahan kama.

Kamu bisa menambahkan pernak pernik ruangan, alat musik, sewa penyanyi beserta perlengkapan lainnya yang diperlukan. Inilah alasan mengapa usaha kedai kopi membutuhkan modal yang agak besar.

4. Lokasi juga Berpengaruh

Lokasi kedai kopi juga sangat berpengaruh pada pendapatan dan juga keramaian kedai kopi tersebut. Kalau memilih lokasi yang tidak tepat sudah bisa dipastikan usaha kedai kopi kamu pasti akan sepi.

Jadi pilihlah lokasi yang strategis misalnya disekitaran jalan yang ramai atau bisa juga ditempat-tempat sekitar pusat perbelanjaan.

Akan tetapi, lokasi yang strategis membutuhkan modal yang besar yaitu digunakan untuk menyewa ruko atau kios.

5. Harga Menu yang Tergolong Mahal

Menu dari kedai kopi biasanya terlalu mahal. Sehingga untuk melawan persaingan ini maka harga menu harusĀ  disesuaikan dengan target konsumen.

Saat target konsumen kedaimu adalah para remaja maka harga menu harus murah meriah. Ini supaya kedai kopi kamu diserbu oleh konsumen.

6. Persaingan yang Tinggi

Tidak bisa dipungkiri, usaha kedai kopi ini persaingannya banyak. Kalau kamu hanya membuka kedai kopi sederhana dan tanpa ada kreasi apapun siap-siap saja akan kalah dalam persaingan.

Ini merupakan kelemahan dari resiko usaha kedai kopi yang harus kamu ketahui. Jadi sebelum memutuskan untuk membuka usaha kedai kopi, pertama modal utama harus besar.

7. Sulit Mendapatkan Pelanggan

Usaha kedai kopi ini akan sulit mendapatkan pelanggan kalau kamu tidak membuat kedai kopimu menjadi unik dan berbeda dari yang lain.

Rata-rata para pengunjung ini datang karena mungkin ingin mencoba nuansa baru saja, mereka tidak datang untuk kesekian kalinya.

Logika saja kalau selalu datang ke kedai kopi yang sama pasti lama-kelamaan akan jenuh juga, jadi intinya pelanggan ini sulit untuk didapatkan.

Dari beberapa resiko atau kelemahan usaha kedai kopi di atas, maka diperlukan antisipasi bagaimana cara untuk agar usaha kedai kopi kamu tetap berjalan.

Dengan perlahan saja asalkan modal dan keuangan yang bersumber dari penghasilan usaha kedai kopi ini tetap ada. Supaya kedai kopimu lebih kekinian kamu bisa menggunakan peralatan untuk pembuatan kopinya yaitu mesin pembuat kopi.