kebersihan karpet

Yuk Jaga Kebersihan Karpet dengan 5 Cara Ini

Saat ini karpet menjadi salah satu furnitur yang dimiliki oleh hampir setiap rumah. Selain cantik karpet juga merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama. Agar karpet tetap nyaman digunakan dan tahan lama maka tentu saja kita perlu menjaga kebersihan karpet.

Yuk simak beberapa tips di bawah ini:

Jangan injak karpet dengan sepatu

Sebelum menginjakkan kaki di atas karpet, pastikan kamu sudah melepas alas kaki. Sepatu atau sandal biasanya memiliki banyak kuman dan kotoran. Menginjak karpet dengan kaki yang bersih dapat membuat karpet tidak mudah kotor.

baca juga: cuci karpet jakarta selatan

Pasang keset di depan ruangan

Salah satu cara untuk merawat karpet ialah dengan meminimalisir debu yang masuk ke rumah. Gunakan keset sebelum masuk ke dalam rumah agar debu dan kotoran tidak ikut masuk. Selain itu keset juga harus rutin dicuci agar debu dan kuman tidak mengendap terlalu lama.

Bersihkan karpet setiap hari

Banyak yang mengira membersihkan karpet cukup dilakukan seminggu bahkan sebulan sekali. Tentu saja anggapan itu salah. Untuk menjaga kebersihan karpet tentu perlu dibersihkan setiap hari. Gunakan vacuum cleaner atau sapu lidi agar kotoran benar-benar hilang.

baca juga: jasa cuci jok mobil jakarta barat

Segera bersihkan karpet bila terkena noda

Noda di karpet akan semakin susah hilang jika dibiarkan terlalu lama. Maka dari itu segera bersihkan noda sesegera mungkin. Kamu bisa menggunakan kain yang sudah dibasahi jus lemon, garam, air, dan cuka untuk menekan bagian yang terkena noda. Atau kamu juga bisa menggunakan air yang diberi sabun.

Cuci karpet secara rutin

Supaya karpet tetap bersih tentu saja karpet perlu dicuci secara rutin. Bagaimana pun juga penggunaan vacuum cleaner tidak akan bersih bila dicuci menggunakan sabun. Agar karpet tetap bersih dan terawat kamu bisa mencuci karpet sekitar 3-4 bulan sekali. Pastikan juga karpet sudah benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Ini untuk mencegah bakteri dan kuman berkembang biak di karpet.

Nah itu tadi 5 cara yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan karpet agar awet dan tidak menjadi sarang bakteri.