Cara Suling Minyak Sereh

Minyak Atsiri atau dikenal juga dengan minyak esensial identik dengan aroma-aromanya yang khas. Jadi secara singkatnya merupakan salah satu minyak yang di hasilkan oleh tanaman, memiliki sifat yang mudah menguap, sehingga mengeluarkan bau yang sangat khas, tetapi menguap tanpa mengalami dekomposisi, memiliki rasa getir, dan bau sesuai tanamannya. Umumnya, Minyak Atsiri ini larut dalam pelarut organik, tetapi tidak larut jika dengan air, dan bisanya di peroleh dari akar, daun, bunga, batang, tanaman dengan pembuatan minyak sereh cara suling minyak sereh . Mesin peyulingan minyak atsiri

Nah Minyak Atsiri juga mempunyai fungsi yang beragam lho, di antaranya :

  • Dapat membantu proses penyuburan
  • Mencegah kerusakan tanaman oleh serangga maupun hewan
  • Sebagai cadangan makanan dalam tanaman, dan sebagainya.

Dan ini adalah beberapa manfaat dari banyaknya Minyak Atsiri

  • Antiseptik obat-obatan
  • Obat pijat atau gosok
  • Sebagai flavoring agent dalam bahan makanan maupun minuman
  • Sebagai aroma terapi
  • Pembuatan kosmetik atau parfum

Cara Suling Minyak Sereh

Penyulingan (Destilasi)

Dalam pengolahannya, telah dikenal 3 macam sistem penyulingan :

  • Air (Water Distillation)

Pembuatan Minyak Atsiri yang menggunakan air ini merupakan metode paling sederhana di banding dengan yang lainnya. Proses nya seperti ini :

    1. Bahan di suling di masukkan ke dalam ketel suling yang telah di isi dengan air. Dengan begitu, bahan sudah tercampur dengan air. Perlu di perhatikan, dengan metode ini perbandingan antara jumlah air rebus dan bahan di buat seimbang, sesuai dengan kapasitas ketel pastinya.
    2. Untuk bahan yang telah mengalami proses pendahuluan seperti perajangan dan pelayunan, kemudian di masukkan dan di padatkan.
    3. Lalu, ketel di tutup rapat agar tidak ada celas yang akan mengakibatkan uap terluar.
    4. Uap yang di hasilkan dari perebusan air dan bahan akan di alirkan menuju pipa pendingin sehingga terjadilah pengembunan.
    5. Selanjutnya, air dan minyak di tampung kedalam tangki pemisah.
    6. Pemisahan air dan minyak di lakukan berdasarkan perbedaan berat jenis.
  • Air dan Uap (Water and Steam Distillation)

Di sebut juga dengan sistem kukus. Keuntungan menggunakan metode ini yaitu penetrasi uap yang terjadi secara merata ke dalam jaringan bahan dan suhu dapat di perhatikan sampai 100 derajat celcius. Dan juga, lama penyulingan relative lebih singkat di bandingkan dengan metode penyulingan menggunakan air. Dan proses nya seperti ini :

    1. Bahan di letakkan di atas piringan, atau bisa menggunakan plat besi berlubang seperti ayakan.
    2. Saat air di rebus dan sudah mendidih, uap yang terbentuk akan melalu sarangan melewati lubang-lubang kecil dan tentunya melewati celah-celah bahan.
    3. Kemudian, bahan pembuatan akan ikut bersama uap pans melalui pipa menuju ketel pendingin
    4. Lalu, uap air dan minyak akan mengembun dan di tampung dalam tangki pemisah
    5. Sama seperti metode sebelumnya, pemisahan air dan minyak dilakukan berdasarkan berat jenis
  • Uap

Di metode ini air sebagai sumber uap panas terdapat pada “boiler” yang letaknya terpisah dengan ketel penyulingan. Dan uap yang di hasilkan mempunyai tekanan lebih tinggi di bandingkan dengan udara luar. Proses penyulingan menggunakan metode ini baik jika digunakan dengan bahan baku, Minyak Atsiri berupa kayu, kulit, batang, maupun biji-biji an yang mempunyai tekstur relative keras. Beberapa produk mesin untuk umkm, selah satunya mesin pembuat kopi.

Luasnya pasar dan mudahnya mendapatkan sereh wangi sudah cukup menjadi alasan untuk mengembangkan produk berbahan baku minyak sereh wangi. Sereh wangi merupakan komoditi atsiri yang sangat prospektif. Permintaan minyak sereh wangi cukup tinggi dan harga stabil serta cenderung meningkat. Uniknya pembudidayaan tidak terlalu rumit serta tanaman ini dapat hidup dilahan-lahan marginal bahkan lahan bekas tambang. Negara pengimpor minyak sereh wangi Indonesia yaitu Singapura, Jepang, Australia, Meksiko, India, Taiwan, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman dan Spanyol.

Komsumsi minyak sereh wangi dunia mencapai 2.000-2.500 dan baru terpenuhi 50-60% saja. China sebagai Negara produsen utama hanya mampu memasok 600-800 ton per tahun. Sedangkan Indonesia baru dapat memenuhi 200-250 ton dari permintaan minyak sereh wangi per tahun.

Demikian artikel cara suling minyak sereh yang dapat saya sampaikan, semoga kita yang mau membaca dan mengamalkannya bisa mendapatkan manfaat, dan semoga kita selalu diberi kesehatan. Terima kasih