Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk Dengan Mudah

Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk Dengan Mudah

Cara merawat kambing agar cepat gemuk – Bagi para peternak, memelihara hewan ternak dengan hasil yang memuaskan merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Yang terpenting tentunya harga jualnya lebih tinggi dan peminatnya banyak. Bagi anda yang beternak kambing alangkah baiknya jika anda mengetahui cara merawat kambing agar cepat gemuk. Tentunya jika kambing tersebut memiliki tubuh yang gemuk dan sehat dalam waktu yang singkat, maka anda bisa langsung menjualnya jika sudah memenuhi kebutuhan pasar.

Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Di bawah ini ada beberapa tips dan cara merawat kambing agar cepat gemuk sehingga banyak manfaatnya.

1. Penyesuaian jumlah kambing dengan ukuran kandang

Cara merawat kambing agar cepat gemuk, yang harus dilakukan adalah memperkirakan ukuran kandang yang benar sesuai dengan jumlah kambing. Jangan tinggalkan mereka di kandang kecil, ada banyak kambing sehingga ruang untuk bergerak sangat terbatas. Idealnya, Anda harus menyediakan 1,1 meter kali 1,25 meter untuk setiap kambing. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengalikan ukuran kandang dengan kambing yang akan menghuninya.

2. Pilih bibit unggul

Tidak kalah penting untuk diingat untuk memilih bibit unggul. Biasanya potensi kambing sangat besar atau tidak dapat diidentifikasi dengan ciri-ciri tertentu. Ini, tentu saja, ada hubungannya dengan faktor genetik dan kemampuannya untuk tumbuh. Jika Anda baru pemula, Anda bisa mencari bantuan dari ahlinya dalam menemukan kambing yang rendah lemak.

3. Pilih tempat yang tenang

Ternyata pertumbuhan kambing juga dipengaruhi oleh lokasi tempat mereka tinggal. Pilihlah kandang kambing yang lingkungan sekitarnya tenang agar tidak terganggu keramaian. Jika Anda menempatkannya di tempat yang tenang dan nyaman, nafsu makannya akan baik. Hindari keramaian karena akan membuatnya merasa stres, tidak mau makan, dan sakit. Saat kambing sakit, tubuh menjadi lebih sulit gemuk.

Baca Juga : begini cara memperbaiki kran ari yang dol

4. Berikan makanan bergizi

Syarat mutlak untuk merawat kambing agar cepat gemuk adalah pemberian pakan yang bergizi. Makanan ini harus bervariasi dan memberikan makanan yang disukai kambing agar nafsu makannya tetap terjaga.

Pastikan untuk menyediakan makanan hijau, seperti daun atau rumput, yang tersedia di daerah Anda. Dengan cara ini Anda akan menghabiskan lebih sedikit uang, tetapi tetap harus menawarkan makanan yang kaya vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral agar sehat.

5. Jaga kebersihan kandang

Bersihkan kandang secara teratur dari kotoran dan makanan yang berjatuhan. Hal ini akan meminimalisir kambing dari penyakit yang dapat menyerangnya. Jangan biarkan kambing Anda sakit atau bertambah berat badan.

6. Kenali penyakit kambing

Waspadai berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang kambing sewaktu-waktu. Jadi jika ada tanda-tanda kambing sakit, segera informasikan dan berikan obat sesuai keadaan dengan berkonsultasi dengan petugas kesehatan hewan.

7. Berikan obat obat kambing sakit

Jika kambing Anda sakit, segera berikan obat sesuai anjuran dokter hewan. Jangan biarkan berlarut-larut dan semakin parah.

8. Pengendalian penyakit pada kambing

Perlu Anda ketahui apakah penyakit kambing mudah menular ke kambing lain. Jika menular, segera isolasi dan pisahkan dari yang lain agar kambing lain tidak sakit.

9. Minum secukupnya

Selain makanan, minuman juga harus disediakan dalam jumlah yang cukup agar tubuh bisa sehat dan gemuk.

10. Menjaga nafsu makan kambing

Agar nafsu makan kambing menjadi gemuk dengan baik dan cepat, Anda bisa menambahkan suplemen makanan dan vitamin untuk kambing.

11. Pakan yang difermentasi

Selain pakan segar, Anda juga bisa memberikan pakan fermentasi sebagai selingan. Pakan ini dapat terdiri dari dedak, garam, pakan hijauan dan air. Ini akan sangat baik dan akan membuat kambing cepat gemuk.

12. Berikan pakan tambahan

Agar cepat gemuk, berikan kambing pakan tambahan berupa dedak padi, tumit tahu dan singkong.

13. Kandang yang nyaman

Dengan menyediakan kandang yang nyaman, kambing tumbuh lebih sehat dan optimal sehingga kualitas daging tetap terjaga.

14. Posisi kandang menerima sinar matahari

Letakkan kandang di tempat yang sejuk dan mendapat sinar matahari yang cukup. Akan lebih baik membangun kandang di dekat pohon yang rindang.

15. Sirkulasi udara yang cukup

Jangan biarkan kandang kambing Anda terlalu lembap dan pengap dengan memberikan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini tentunya agar kandang kambing tidak berbau.

Baca Juga : Cara memelihara kambing

Nah mungkin sampai disin pembahasn kita tentang cara merawat kambing agar cepat gemuk yang bisa kalian coba. Apabila saya ada kelebihan dan kekurangan saya mohon maaf, Semoga membantuu..