Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Tahan Lama

Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Tahan Lama

Freedownload1.com Transmisi otomatis atau yang lebih dikenal dengan Matic lebih populer daripada mobil transmisi manual. Salah satu alasannya adalah karena cenderung lebih mudah dioperasikan. Namun apakah semua orang sudah mengetahui cara terbaik mengemudikan mobil matic agar awet dan efisien?

Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Lebih Tahan Lama

Berbeda dengan mobil manual, mobil matic hanya memiliki dua pedal yaitu rem dan gas, sehingga memudahkan pengendara pemula. Namun yang terpenting saat mengendarai mobil matic adalah mengetahui fungsi perintah pada transmisi maticnya. Mempraktikkan transmisi sesuai fungsinya pasti akan membuat mobil Anda lebih awet.

Saat ini ada banyak tempat kursus mobil di berbagai kota yang menawarkan layanan kursus mobil matic dan manual. Misalnya saja kurus mengemudi bandung dengan berbagai layanan baik mobil matic maupun manual.

Namun kenyataannya, kebanyakan dari tempat kursus hanya mengajarkan teknik dan materi mengemudi yang baik dan benar. Namun mereka tidak menjelaskan bagimana cara mengemudiakn mobil matic agar bisa lebih awet dan mesin tetap bagus. Nah untuk itu berikut kami bagikan kami bagikan cara mengendarai mobil matic agar bisa lebih tahan lama.

Gunakan Transmisi Sesuai Kebutuhan

Transmisi matic dilengkapi dengan tuas bertuliskan ‘P’, ‘R’, ‘N’, dan ‘D’. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. ‘P’, singkatan dari Park, digunakan saat berhenti dan memarkir mobil. Saat tuas diarahkan ke ‘P’, maka transmisi akan terkunci dan terhalang untuk berjalan dengan sendirinya.

‘R’, singkatan dari mundur, memiliki peran yang sama dengan R pada mobil manual, yaitu untuk memfasilitasi pengemudian mundur. Demikian pula, ‘N’ atau Netral, digunakan saat Anda ingin menghentikan mobil dalam waktu singkat.

Terakhir, ada ‘D’, yang merupakan singkatan dari Drive. Sesuai dengan namanya, mode ini digunakan untuk menjalankan mobil. Beberapa mobil juga dilengkapi dengan lebih dari satu mode ‘D’ yang membedakan antara gigi 1 atau 2. Biasanya ‘D1’ atau ‘D2’ digunakan saat Anda berkendara di jalan menanjak atau menurun.

Gerakkan Tuas Transmisi Secara Perlahan

Agar tetap tahan lama dan bertahan lebih lama, hindari memindahkan tuas sembarangan. Misalnya, jika Anda berada di posisi ‘D’, jangan langsung mengubah ke posisi ‘N’ saat mobil masih berjalan. Pastikan mobil berhenti sepenuhnya sebelum Anda memindahkan tuas transmisi. Trik sederhana ini akan mencegahnya aus.

Demikian pula saat Anda memarkir mobil ke belakang, sebelum menjalankannya, pastikan mobil telah berhenti sepenuhnya. Selain itu, jangan bergerak saat mobil sedang berjalan.

Akselerasi Lembut dan Spontan

Mempercepat mobil dengan lancar dan spontan tidak hanya menambah umur panjang mobil tetapi juga dapat menghemat pengeluaran bahan bakar. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih aman di jalan raya.

Pastikan posisi duduk Anda nyaman. Hindari kebiasaan ngebut dan mengerem mendadak di jalan yang padat. Mempraktikkan kebiasaan tersebut dapat mempertahankan transmisi Anda lebih lama dan juga mengurangi risiko kecelakaan.

Lakukan Perawatan Berkala

Jika Anda sudah memiliki keterampilan mengemudi yang sangat baik, Anda juga perlu melakukan perawatan mobil secara berkala. Ini dapat membantu lebih banyak dengan daya tahan mobil Anda. Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel mobil biasa sesuai dengan jadwal yang tertera di buku panduan. Jangan pernah melewatkan perawatan berkala juga mencegah hilangnya garansi.

Itulah 5 tips menjaga daya tahan mobil matic Anda. Mobil matic lebih unggul berkat 2 pedal yang memungkinkan pengemudi tidak repot-repot menyeimbangkan kopling agar mobil tetap berjalan.

Anda bisa merasakan langsung sensasi mengendarai mobil semi otomatis saat mengendarai Wuling Confero S ACT yang menggunakan transmisi e-Clutch. Sistem transmisi ini tergolong unik semi otomatis karena dapat dioperasikan tanpa perlu menginjak kopling, melainkan dilengkapi dengan sistem hidrolik dan sensor.

Wuling Family, pastikan untuk menggunakan mobil matic Anda sebagaimana mestinya agar awet dan bebas masalah dengan melakukan tips cara mengemudikan mobil matic Anda.