Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening

Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening Ala Jawa yang Segerr Pol!

Halo teman – teman semuanya! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat sop daging sapi kuah bening ala jawa yang rasanya seger pol! dan juga menghangatkan. Sop daging sapi kuah bening ala jawa juga tidak terlalu rumit dari segi bahan dan pembuatannya, jadi bisa kalian praktekkan di rumah kalian masing – masing.

Bukan hanya cara pembuatannya saja, tetapi saya juga akan membagikan beberapa hal menarik dan juga tips cara memasak dan penyajiannya, jadi pastikan kalian simak artikel ini sampai habis biar tidak ketinggalan fakta menarik dan tips – tipsnya.

Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening

Sop Daging Sapi Kuah Bening Ala Jawa

Sop daging sapi kuah bening adalah adalah makanan olahan daging sapi yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih, hangat dan segar membuat makanan ini cocok dikonsumsi di musim dingin atau sakit. Anda juga dapat menikmati sup ini untuk sarapan atau makan siang.

Ada beberapa variasi masakan daging sapi di Indonesia. Contohnya adalah sup daging sapi bening Betawi dengan potongan besar daging dan tulang. Juga Sop Daging Sapi Betawi jarang menggunakan sayuran sebagai tambahan pada sopnya dan minim penggunaan bumbu.

Nah, yang akan kita buat kali ini adalah Sop Daging Sapi Kuah Bening Ala Jawa. Perbedaan sop daging sapi ringan Jawa adalah rasanya yang lebih enak. Hal ini karena Sop Daging Sapi Kuah Bening Ala Jawa menggunakan potongan daging berlemak, yang membuat rasanya lebih kuat di lidah.

 

Tips Menyajikan Sop Daging Sapi Kuah Bening Ala Jawa

Untuk mendapatkan rasa kuah yang benar-benar asin, disarankan menggunakan daging sapi yang berlemak tinggi seperti tetelan atau bagian dada (dari bagian bawah dada hingga ketiak).

Anda juga bisa menambahkan sayuran lain sesuai selera Anda, seperti daun kol, buncis, kembang kol, brokoli, dan lainnya. Selain menambah cita rasa, juga dapat menambah kandungan nutrisi pada masakan.

Sajikan hanya dengan nasi putih. Atau Anda bisa memadukan masakan ini dengan menu lain seperti tempe, tahu, sambal goreng, ayam goreng dan lainnya.

 

Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening Ala Jawa

Sebenarnya, membuat soto daging sapi bening Jawa tidaklah sulit. Ingat jangan terlalu encer dengan kuahnya, bisa ditambahkan jika dirasa kurang sesuai selera.

Kedua, pastikan Anda selalu memasaknya dengan api kecil karena kita tidak mau dagingnya terlalu matang atau kuahnya yang membludak dan tumpah. Nah, resep ini bisa kamu ikuti jika ingin membuat sop daging sapi ringan khas Jawa sendiri. Mari kita lihat resepnya.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Daging sapi berlemak (500 gr)
  • Air (1.5 Liter)
  • Minyak Sayur ( 3 sendok makan)
  • Bawang merah, iris kasar (5 butir)
  • Kentang, kupas dan potong-potong (2 buah)
  • Wortel, kupas dan potong-potong (2 buah)
  • Tomat merah, potong-potong (1 buah)
  • Daun Bawang, iris kasar (1 batang)
  • Seledri, iris kasar (1 tangkai)
  • Bawang putih (4 siung)
  • Pala (1/4 butir)
  • Merica (1 sendok)
  • Garam (2 sendok)

Cara membuat :

  1. Siapkan panci, tuangkan sedikit air dan didihkan. Potong daging sapi sambil menunggu air mendidih.
  2. Saat mendidih, tambahkan potongan daging dan masak sampai lunak.
  3. Haluskan bawang putih, pala, merica bubuk dan garam. Tumis hingga harum, angkat dan masukkan dalam panci.
  4. Masukkan kentang, wortel dan tomat, masak hingga semuanya empuk. Setelah menambahkan irisan seledri dan bawang merah.
  5. Tumis bawang merah iris tipis untuk bawang goreng.
  6. Jika sudah empuk, angkat dari kompor, hidangkan panas – panas dan taburi bawang goreng, Anda juga bisa menambahkan kecap asin sesuai selera.

 

Nah, itu tadi adalah cara membuat sop daging sapi kuah bening ala jawa yang seger, menghangatkan, dan tentunya gampang untuk kalian buat dirumah. Kalian juga bisa mengunjungi Cara Membuat Sop Daging Sapi yang Segar dan Menghangatkan kalau ingin membuat variasi biasanya.

Baiklah, cukup sampai disini dulu untuk artikel “Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening Ala Jawa yang Segerr Pol!“, semoga bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa lagi di topik selanjutnya, see you next time!