Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Serbaguna

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Serbaguna

Lagi cari resep makanan yang unik ? inilah dia salah satunya, yaitu Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Serbaguna yang dijamin tidak akan kalah dengan ayam crispy dengan tepung – tepung lainya. Di samping rasanya yang lezat resep yang satu ini juga tidak memerlukan terlalu banyak alat dan bahan karena caranya sangat sederhana sekali.

Udah tidak sabar kan ? Yukk, kita simak bersama informasi di bawah ini.

Tepung Serbaguna

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Serbaguna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tepung serba guna putih yang diperoleh dari buah gandum (berry gandum) dibersihkan dari dedak dan kotoran selama pemrosesan dan penggilingan. Ini hanya menyisakan biji yang mengandung tepung. Hasilnya, tepung serbaguna lebih mudah disimpan dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

Namun, sebagai hasil dari proses ini, sebagian besar nutrisi dalam gandum telah dihilangkan, bersama dengan rasa asli gandum. Namun, kelebihan tepung serbaguna adalah mudah digunakan saat memanggang. Kandungan protein tepung serbaguna juga telah distandarisasi menjadi sekitar 9 hingga 11 persen selama pemrosesan, tergantung pada merek dan jenis gandum.

Jumlah protein ini berdampak pada berapa banyak gluten yang dibuat ketika tepung menyentuh air. Gluten memberi struktur pada makanan yang dipanggang. Semakin banyak gluten, semakin kuat tepungnya. Tepung serbaguna adalah jenis tepung dengan kandungan protein sedang.

Hal ini membuat tepung serbaguna cocok untuk sebagian besar makanan yang dipanggang seperti kue kering, muffin, dan bahan dasar kue. Secara umum, Anda bisa menggunakan tepung serba guna sebagai pengganti tepung terigu berprotein tinggi atau rendah protein. Meskipun tidak menghasilkan tekstur yang sama, itu hampir sama.

Manfaat

Manfaat Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Serbaguna cukup banyak dan penting untuk kesehatan kita. Inilah yang akan Anda dapatkan:

1. Daging Ayam Mengandung Protein yang Baik Untuk Otot

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Olahan ayam juga merupakan salah satu makanan yang tinggi protein. Protein tinggi dalam ayam olahan juga membantu meningkatkan pembentukan otot. Secara umum, manfaat ayam digunakan oleh orang-orang yang ingin menumbuhkan otot.

2. Peningkatan metabolisme

Selain protein, saat Anda makan ayam, ada vitamin B6 yang membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda. Jadi Anda tidak perlu takut berat badan bertambah saat makan ayam. Dan yang terpenting, saat makan ayam olahan, jangan makan berlebihan dan perhatikan cara ayam dimasak.

3. Perawatan Kesehatan Tulang

Daging ayam mengandung beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium. Telah ditemukan bahwa dalam nutrisi mineral ini tubuh dapat membantu menjaga kesehatan tulang, membuatnya lebih kuat. Ada yang merasa tulangnya keropos? Wow, makan ayam sepertinya baik untuk kesehatan tulang.

4. Dapat menurunkan berat badan

Bahkan ayam olahan pun bisa dijadikan sebagai makanan diet, namun membutuhkan persiapan yang berbeda dari biasanya. Misalnya, teknik yang tidak diolah dengan minyak goreng panas dan biasanya direbus atau digoreng dengan minyak murni untuk mencegah kolesterol jahat dalam tubuh. Payudara dan paha mengandung hingga 25-30 gram protein di setiap bagiannya. Juga, ayam dapat memiliki efek lengkap pada perut.

5. Pencegahan risiko kanker

Selain itu, kandungan seperti vitamin B, niasin dan selenium dapat membantu mencegah sel-sel radikal bebas penyebab kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA dalam tubuh. Jadi tunggu apa lagi.

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Serbaguna

Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Serbaguna

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg daging ayam
  • bawang putih 3 siung
  • ketumbar 1/2 sdm
  • kunir bubur 1/4 sdm
  • garam 1 sdm
  • penyedap rasa 1/4 sdm
  • merica 1/4 sdm
  • 1/4 air perasan jeruk nipis
  • tepung terigu 1/4 kg
  • 3 sdm tepung beras
  • maizena 5 sdm
  • tepung serbaguna 3 sdm
  • 2 sdm tepung tapioka
  • telur 1 butir
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Bersihkan dan potong daging ayam terlebih dahulu, lalu campurkan dengan bumbu di atas yang sudah dihaluskan secara merata, kemudian simpan daging ayam di dalam kulkas kurang lebih sehari semalam agar bumbu benar – benar meresap secara merata.
  2. Campurkan tepung – tepung kering dan bumbu tepung, lalu aduk – aduk secara bersamaan hingga tercampur dengan rata, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Untuk adonan celupan cukup masukkan telur dan garam, lalu beri air secukupnya.
  4. Ambil daging ayam yang sudah dimarinasi dari kulkas tadi, lalu celupkan ke dalam telur, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung yang kering tadi.
  5. Setelah itu, celupkan ke dalam adonan tepung yang basah, lalu celupkan lagi ke dalam adonan tepung yang kering, lalu tekan – tekan supaya bisa menghasilkan tekstur crispy yang bagus, lakukan dengan cara yang sama berulang – ulang hingga daging ayam habis.
  6. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu, minyaknya kalau bisa yang banyak dan menggunakan panci saja supaya ayam bisa terendam dengan minyak dengan rata.
  7. Masukkan daging ayam ke dalam minyak panas dengan api sedang, dan pastikan ayam sampai benar – benar terendam.
  8. Tunggu hingga ayam berwarna sedikit kecoklatan, dan jangan terlalu sering membolak – balikan ayam supaya tidak menyerap minyak terlalu banyak.
  9. Jika sudah selesai angkat dan ayam crispy kriuk sudah bisa untuk dinikmati.

Nahh, itu dia beberapa informasi mengenai Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Serbaguna yang bisa kalian contoh dan kalian praktekkan di rumah untuk mengisi waktu luang kalian dengan hal yang lebih positif dan inilah salah satunya. Semoga bermanfaat, terima kasih dan selamat mencoba.