cara membuat abon sapi kering sederhana

Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana Yang Enak Untuk Dijual

Banyak orang yang pernah membahas cara membuat abon sapi kering sederhana. Abon sapi ini banyak yang menyukainya karena rasanya yang enak dan gurih. Banyak sekali orang-orang yang menjual abon sapi ini dijadikan sebagai abon sapi kemasan. Disupermarket hingga pasar-pasar sekitar sudah tidak jarang lagi kita menemukannya.

Sebelumnya kita pernah bahas juga cara membuat abon sapi. Jika sekarang ini kita akan membahasnya secara lebih detail lagi. Simak artikel berikut ini !

Abon

abon

Abon adalah metode pengolahan daging dengan cara mencincang dan menggorengnya. Seiring dengan perkembangan teknologi pengolahan daging, abon daging tidak lagi menggunakan tangan, melainkan menggunakan food processor yang lebih efisien dalam hal tenaga kerja.

Daging suwir merupakan daging olahan yang memiliki cita rasa yang khas, sebagaimana bumbu-bumbu pilihan digunakan sebagai bumbu masak. Abon dapat memiliki umur simpan yang lama tanpa mengubah rasa abon itu sendiri. Abon tidak hanya terbuat dari daging sapi dan daging kerbau saja, tetapi bisa juga pada suwiran ayam, kambing, domba bahkan di beberapa tempat bahkan ikan.

Manfaat Makan Abon Untuk Kesehatan

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daging suwir mengandung senyawa selenium yang sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, suwiran daging sapi dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.

2. Baik Untuk Membangun Otot dan Menambah Massa Otot

Siapa di antara Anda yang mencoba menambah massa otot? Daging suwir ini bisa Anda pilih untuk konsumsi sehari-hari, lho. Pasalnya, suwiran daging sapi mengandung senyawa protein yang dapat membantu proses perkembangan dan menambah massa otot.

3. Asupan Energi Yang Baik

Kandungan nutrisinya meliputi energi 212 kkal, protein 18 g dan karbohidrat 59,3 g. Kandungan tersebut dapat membantu Anda mendapatkan asupan energi yang baik untuk beraktivitas.

4. Dapat Meningkatkan Kemampuan Berkonsentrasi

Tidak hanya untuk sumber energi, memarutnya juga bisa meningkatkan fokus Anda. Pasalnya, besi parut juga mengandung zat besi, yang dapat memaksimalkan aliran darah dan pembentukan sel darah. Hal ini dapat memudahkan tubuh dalam mensuplai darah dan oksigen ke otak, sehingga meningkatkan konsentrasi.

5. Mencegah Anemia

Daging suwir dapat meningkatkan produksi sel darah merah karena kandungan zat besinya. Alhasil, suwiran daging sapi bisa mencegah anemia. Selain itu, banyaknya daging suwir dapat membantu mengatur suhu tubuh dan memindahkan karbondioksida ke tempat pembuangan sampah.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Daging suwir mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D, yang membantu perkembangan tulang. Anda juga dapat menghindari osteoporosis karena penghancuran akan membantu menjaga struktur dan kepadatan tulang.

7. Rasa Kenyang Yang Tahan Lama

Daging suwir mengandung lemak dari proses penggorengan dan dapat memberikan efek penuh yang tahan lama. Bagaimana menghindari makan berlebihan.

Resep Abon Sapi

Bahan-bahan :

  • 500 gr daging sapi haluskan dengan mesin pembuat abon sapi dan aneka abon ikan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 serai
  • 2 sendok makan  minyak (untuk menggoreng)
  • 8 bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm Lengkuas
  • 2 cm serai, ambil putihnya, hancurkan
  • 1 sendok makan bubuk ketumbar
  • 1 sendok teh Garam
  • 2 sendok makan gula merah
  • 125 ml santan berbahan ½ btr minyak kelapa untuk menggoreng.

Cara Membuat Abon Sapi :

  1. Masak daging matang dengan daun jeruk, daun salam, dan serai. Angkat dan tiriskan.
  2. Potong daging menjadi ukuran kecil jika sudah dingin.
  3. Goreng bumbu halus hingga harum. Tambahkan daging suwir. Tambahkan bubuk ketumbar, garam dan gula pasir, aduk rata.
  4. Masukkan santan ke dalam wajan daging. Masak hingga santan meresap ke dalam daging. Angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan minyak goreng. Kemudian goreng daging hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan daging giling manis dengan sedikit bawang goreng.

Demikian merupakan arikel cara membuat abon sapi kering sederhana. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu untuk kalian. Selamat untuk mencobanya di rumah dan semoga berhasil.