Cara Fermentasi Pakan Sapi

Cara Fermentasi Pakan Sapi yang Mudah Beserta Manfaatnya

Cara Fermentasi Pakan Sapi – Halo semuanya! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara fermentasi pakan sapi yang mudah dan tentunya bisa kalian aplikasikan pada sapi kalian masing – masing. Bukan cuma itu saja, saya juga akan membagikan beberapa hal mengenai fermentasi pakan sapi yang mungkin saja belum kalian ketahui.

Nah, untuk penjelasan lebih lanjutnya kalian bisa langsung simak artikel dibawah ini dan jangan lupa juga untuk menyimaknya sampai habis biar tidak ada satu hal pun yang terlewat!

Fermentasi Pakan Sapi

Fermentasi jerami merupakan salah satu pilihan untuk pakan ternak. Pakan dibuat dari jerami padi yang difermentasi menggunakan molase atau tetes tebu, yang merupakan hasil samping (residu) dari proses produksi gula.

Molase mengandung karbohidrat, vitamin B, dan beberapa vitamin larut lainnya yang sangat tinggi. Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk ternak muda, kambing dan domba karena sapi tidak dapat mencerna vitamin di dalam perutnya.

Ada beberapa cara pengaplikasian molase dalam proses pembuatan pakan ternak, yaitu disemprotkan pada sumbernya dan hijauan atau jerami dikeringkan, dicampur dengan biji-bijian atau dicampur dengan bahan lain.

Penggunaan molase tidak boleh berlebihan, karena dapat menyebabkan diare atau diare. Hal ini disebabkan oleh zat dengan kandungan kalium yang tinggi. Jadi Anda hanya bisa menggunakan sekitar 15 persen konsentrat.

Cara Fermentasi Pakan Sapi

Proses dan Cara Fermentasi Pakan Sapi

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

Cara pembuatan :

  1. Keringkan jerami sebelum fermentasi.
  2. Potong jerami padi dengan chopper atau parang tangan. Pemotongan dilakukan pada potongan jerami 2-5 cm. Ukuran sedotan yang kecil berfungsi untuk memudahkan proses pengemasan dan pencampuran dengan bahan lain.
  3. Masukkan irisan jerami agar lebih mudah menyesuaikan dosis jerami dengan jumlah tetes tebu yang digunakan.
  4. Tuangkan sedotan berat ke permukaan lantai yang dilapisi plastik atau terpal, agar sedotan tidak terkontaminasi kotoran dan debu.
  5. Campur molase dan air 1:10 dalam botol plastik atau semprotan.
  6. Kemudian tuang adonan secara merata di atas sedotan agar proses fermentasi berjalan lebih lancar.
  7. Masukkan sedotan campuran ke dalam drum, padatkan sedotan dengan mengayuh agar tidak ada celah udara.
  8. Setelah cukup kuat, tutup bagian atasnya dengan plastik agar udara tidak masuk. Kencangkan tutupnya dengan karet gelang hitam panjang.
  9. Simpan silase selama 21 hari atau 3 minggu. Kemudian buka silobuben dan jerami yang sudah difermentasi siap dikirim ke ternak.

Manfaat Pemberian Pakan Fermentasi

Selain untuk menjaga ketersediaan, metode fermentasi juga digunakan untuk meningkatkan kualitan dan nutrisi dari makanan. Ini disebabkan oleh bakteri baik yang dihasilkan dari proses fermentasi. Bakteri tersebut diantaranya Pseudomonas alcaligenes, Bacillus mycoides, Micrococcus roseus, Bacillus pumillus, Bacillus brevis. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika memerikan pakan fermentasi pada sapi anda :

  • Dapat memperbaiki sistem pencernaan pada sapi.
  • Mampu meningkatkan produksi susu pada sapi.
  • Dapatkan sapi untuk menambah berat badan dengan cepat atau menambah berat badan secara alami dan sehat
  • Pakan fermentasi dapat disimpan sesuai kebutuhan (pakan ternak dapat bertahan lama dengan mengurangi jumlah nutrisi)
  • Dapat mempercepat pertumbuhan karena makanan hewan yang difermentasi mengandung nutrisi yang meningkatkan nafsu makan.
  • Daging sapi akan memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah dan tidak akan cair
  • Membantu memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh sapi.
  • Dapat mengurangi amonia atau bau tidak sedap dari kotoran hewan dan mengurangi pencemaran lingkungan.
  • Kotoran sapi yang diolah menjadi pupuk memiliki kualitas yang sangat baik
    sapi memiliki lebih sedikit urin dan dapat digunakan sebagai biogas alami, yang memudahkan peternakan sapi.

Nah itu tadi adalah cara fermentasi pakan sapi yang mudah beserta dengan manfaatnya, kalian juga bisa mendapatkan mesin yang bisa membantu peternakkan kalian di Rumah Mesin. Baiklah, saya kira cukup sampai disini dulu untuk artikel “Cara Fermentasi Pakan Sapi yang Mudah Beserta Manfaatnya”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya and see you next time!