bisnis biji plastik daur ulang

Bisnis Biji Plastik Bekas dari Syarat Membuka Bisnis Sampai Keuntungan

Bisnis biji plastik bekas kini sedang ramai diperbincangkan oleh khalayak ramai. Tidak banyak orang yang berpikir jika daur ulang sampah bisa dijadikan sebagai bisnis, kecuali para wirausahawan yang mendirikan bisnis pengolahan sampah ini. Mengolah sampah bukanlah perkara yang mudah, harus bisa memilah-milah sampah yang akan diolah.

Biasanya sampah yang dipilih adalah sampah plastik tersebut yang sulit terurai dan akan bertahan dalam bentuk yang sama selama puluhan tahun. Keberadaannya sudah membawa masalah sejak lalu karena memengaruhi kehidupan alam secara luas.

Jumlah sampah plastik di Indonesia cukup memprihatinkan. Pembuangan sampah rumah tangga masih dicampur antara yang organik dengan yang non organik sehingga petugas pengelola sampah harus memisahkannya dengan manual.

Masyarakat juga belum teredukasi dengan benar tentang masalah serius pada sampah plastik ini. Padahal sampah plastik perlu didaur ulang agar supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih gawat.

Apa Itu Daur Ulang?

Daur ulang ini yang dimaksud adalah mengubah bentuk sampah plastik tersebut menjadi sesuatu yang baru, misalnya saja menjadikannya sebagai kerajinan tangan atau menjadikannya sebagai bentuk plastik lain untuk mengembalikan fungsinya. Akan tetapi, diperlukan modal yang cukup besar karena harus menggunakan mesin pencacah plastik khusus yang bisa mengolahnya dengan tepat.

Biasanya agar supaya cepat selesai, sampah plastik ini dibakar dan hal itu tentunya berbahaya bagi lingkungan. Hasil pembakaran dari sampah plastik tentu akan mengkontaminasi udara di sekitar wilayah hingga merusak ozon. Jadi, pilihan yang paling tepat yaitu mengolahnya kembali menjadi biji plastik yang bisa digunakan untuk berbagai macam produksi.

Syarat Membuka Bisnis Biji Plastik Bekas

bisnis biji plastik bekas

Memutuskan menjadi pelaku bisnis daur ulang limbah plastik, terpenting di masa pandemi ini tentunya tidak mudah. Selain dibutuhkan keberanian dan juga komitmen penuh, kalian perlu membangun perencanaan strategi yang sistemik agar supaya dapat menghasilkan usaha yang menguntungkan. Dibawah ini elemen penting yang perlu kalian ketahui sebelum memulai bisnis daur ulang limbah plastik:

  1. Ketahui persyaratan-persyaratan untuk membuka usaha daur ulang limbah plastik dari dinas terkait.
  2. Persiapkan kebutuhan tanah yang cukup luas untuk pabrik atau gudang yang nantinya sebagai tempat penyimpanannya.
  3. Pengadaan utilitas serta mesin yang memadai.
  4. Rekrutmen pekerja.
  5. Pengumpulan bahan baku sampah atau limbah plastik.
  6. Pemilihan jenis limbah plastik untuk didaur ulang.
  7. Target pasar serta rentang harga untuk hasil olahan platik daur ulang tersebut.
  8. Kalkulasi total investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik, pengadaan alat, dan juga biaya operasional.
  9. Margin keuntungan dari produksi biji plastik daur ulang tersebut.
  10. Return of Investment.

Jenis-jenis Plastik Bahan Baku Daur Ulang

1. Polietilene Tereftalat (PET Plastic)

Produk yang biasanya terbuat dari jenis plastik ini salah satunya yaitu botol plastik. Plastik ini juga terbuat dari minyak mentah dan biasanya berwarna jernih atau tembus pandang. Sifat bahan plastik ini umumnya diperuntukkan hanya untuk sekali pakai.

2. High Density Polyethylene (HDPE Plastic)

Plastik jenis ini memiliki sifat bahan yang lebih keras dan juga kokoh serta salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena memiliki kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara makanan atau minuman dengan wadah plastiknya. HDPE sering digunakan sebagai bahan pembuatan botol susu atau jus yang berwarna putih, galon air minum, serta kantong plastik belanja.

3. Low Density Polyethylene (LDPE Plastic)

LDPE memiliki daya resistensi atau perlindungan yang kuat dan juga kokoh terhadap reaksi kimia. Maka dari itu, LPDE baik digunakan sebagai bahan pembuat bungkus makanan juga minuman, plastik kemasan, botol plastik yang lembek, serta kantong belanja.

4. Polypropylene (PP Plastic)

PP adalah jenis plastik tahan panas sehingga ramah untuk pembuatan kemasan makanan dan minuman. Jenis plastik ini dapat digunakan secara berkali-kali sehingga sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah.

5. Polystyrene (PS Plastic)

Biasanya PS digunakan untuk bahan pembuatan styrofoam, wadah makanan beku, wadah makanan siap saji, piring, garpu, dan sendok plastik. Meskipun dapat digunakan untuk alat makan, akan tetapi jenis ini tidak dianjurkan sebagai pembungkus makanan. Hal ini karena PS mengeluarkan zat styrene yang berbahaya untuk kesehatan jika terkena panas. PS merupakan satu diantara jenis plastik yang kurang ramah lingkungan. Meskipun dapat didaur ulang, proses yang dibutuhkan terbilang cukup panjang dan lama.

Tahapan Proses Pengolahan Biji Plastik

Setelah kelengkapan pabrik, mesin, dan juga struktur operasional sudah diatur, mulailah kumpulkan limbah plastik dan proses daur ulang kalian. Langkah utama yang terlibat dalam proses daur ulang limbah plastik yaitu mengompresi dan melebur plastik menjadi cairan. Hal ini dilakukan dengan demikian agar supaya polusi yang dihasilkan sangat minim.

Langkah selanjutnya adalah melibatkan penyaringan dimana residu limbah dihilangkan sedangkan cairan leburan plastik yang berkualitas akan diambil. Cairan plastik kemudian dibentuk serupa dengan batu bata kecil atau berbentuk pelet.

Proses terakhir pelet akan didinginkan dalam air yang dingin, setelah itu proses selanjutnya pelet dimasukkan ke dalam wadah kering. Dibawah ini rangkuman tahapan proses daur ulang limbah plastik:

  1. Pengumpulan limbah plastik sebagai bahan baku.
  2. Pemilahan limbah plastik berdasarkan jenis-jenisnya.
  3. Proses penggilingan.
  4. Perubahan pasokan bahan baku plastik ke dalam unit daur ulang.
  5. Memulai proses daur ulang.
  6. Kompresi dan pelelehan bahan baku sampai menjadi plastik cair.
  7. Pembentukan biji plastik daur ulang menjadi butiran-butiran menyerupai pelet.
  8. Pembuatan produk baru seperti kursi, kemasan makanan, dan minuman sampai perlengkapan spare part.

Keuntungan Bisnis Biji Plastik

Bisnis daur ulang limbah plastik pada dasarnya menyertakan proses penghancuran sampah plastik yang kemudian diolah kembali menjadi biji plastik. Dari biji plastik ini, produsen bisa membuat berbagai macam produk jadi atau olahan sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dengan biji plastik murni, biji plastik daur ulang relatif lebih murah akan tetapi kualitasnya tetap terjaga.

Harga bahan baku biji plastik yang lebih murah dapat mengurangi biaya produksi dan menjadikan margin keuntungan yang lebih besar. Sehingga ketika sudah diolah menjadi produk jadi, harganya pun tetap dapat bersaing dengan produk lain di pasaran. Tidak takjub jika biji plastik daur ulang sangat dicari oleh pengusaha di sektor industri produk plastik.

Selain harganya yang relatif murah, bisnis daur ulang limbah plastik ini juga minim resiko. Tidak perlu khawatir jika akan kehabisan bahan baku sampah plastik, terutama di Indonesia. Kalian bisa mencari sampah plastik dari pengepul-pengepul dan bank sampah.

Bisnis tersebut juga dapat dijalankan selama jangka panjang dengan prediksi profit yang bisa diperoleh secara cepat. Satu hal yang pasti, kompetitor di dunia bisnis daur ulang plastik tersebut belum banyak. Jadi kalian bisa memanfaatkan peluang tersebut lebih optimal.

Itulah pembahasan saya mengenai bisnis biji plastik bekas. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis biji plastik bekas dari syarat membuka bisnis sampai keuntungan ini, kalian juga bisa mengetahui manfaat biji plastik yang ada di link ini. Untuk kalian yang ingin memulai bisnis biji plastik, semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat untuk kalian.