Souvenir Perusahaan

5 Risiko Bisnis Waralaba untuk Souvenir Perusahaan

Selama ini, Anda mungkin sering mendengar keuntungan yang ditawarkan oleh bisnis waralaba souvenir perusahaan. Misalnya pangsa pasar yang masih terbuka lebar serta target keuntungan yang semakin menggiurkan. Bisnis ini juga cocok dijalankan oleh para pekerja atau ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan tanpa modal yang banyak.

Setiap ada kelebihan tentu memiliki kekurangan seperti risiko bisnis franchise. Beberapa risiko yang sering terjadi dalam bisnis waralaba antara lain berikut ini.

  1. Modal awal yang lumayan

Berbeda dengan jenis usaha sebagai dropship online shop yang tanpa modal sepeser pun kecuali perangkat pendukung, bisnis waralaba menentukan nilai tertentu untuk membeli hak usaha dari franchisor. Memang jika dibandingkan dengan membuka usaha sendiri, franchise masih bisa dikategorikan memerlukan modal awal yang jauh lebih kecil.

  1. Durasi kontrak

Bagi Anda yang mungkin ingin berkembang lebih maju, mungkin akan mengalami sedikit kesulitan. Bisnis franchise biasanya akan mengikat Anda dalam durasi kontrak yang agak lama. Setidaknya Anda harus fokus membangun bisnis dengan mentaati aturan yang telah dibuat pihak franchisor.

  1. Kurang fleksibel dalam pengembangannya

Alasan banyak orang enggan bergabung dengan bisnis waralaba adalah bisnis yang dianggap tidak fleksibel mengingat pihak manajemen telah memberikan aturan terkait kemajuan usaha. Aturan tersebut mencakup pengelolaan keuangan, promosi dan pengembangan usaha lainnya.

  1. Memiliki tanggungan royalti yang harus dibayarkan tiap tahun

Bisnis Anda didukung produk yang telah memiliki merk dan hak paten sehingga Anda wajib membayarkan sebagian uang untuk hak tersebut. Besaran nilai royalti tentu sesuai dengan kesepakatan dua belah pihak yang bekerja sama.

  1. Rentan mengalami masalah

Masalah internal bisa saja terjadi antara pihak franchisee dan franchisor terkait perkembangan usaha. Bisa jadi masalah tersebut menjadi konflik besar yang mengakibatkan batalnya kerja sama dua belah pihak.

                Risiko bisnis franchise tersebut mungkin perlu Anda pertimbangkan lebih dahulu jika hendak terjun ke usaha satu ini. Namun, dibalik kekurangan yang dimiliki, keuntungan bisnis waralaba jelas banyak. Apalagi jaman yang serba ketat menuntut Anda memiliki usaha yang telah dikenal oleh banyak orang salah satunya usaha dan merk produk franchisor.