Cerita rakyat 2

3 Cerita Rakyat Indonesia yang Populer untuk Anak

Negara kita memang sangat kaya dalam berbagai hal seperti budaya, bahasa, adat istiadat, dan bahkan cerita rakyat Indonesia. Kisah-kisah tersebut sangat disukai anak-anak karena ceritanya sangat menarik. Berikut ini beberapa dongeng dari nusantara yang bisa Anda simak.  

Cerita Rakyat Indonesia dari Sumatera 

Pulau Sumatera ternyata menyimpan kisah menarik untuk diceritakan pada anak seperti : 

Cerita Malin Kundang 

Dongen ini berasal dari Sumatera yang menceritakan sebuah keluarga dengan seorang anak Malin Kundang. Sang Ayah merantau karena kondisi mereka serba kekurangan. 

Sang Ayah tidak kunjung pulang sampai Malin Kundang dewasa. Akhirnya, cerita rakyat Indonesia Malin Kundang merantau, tetapi kapalnya diserang bajak laut sampai terdampar bersama rekan-rekannya di sebuah desa. 

Desa tersebut subur sehingga Malin Kundang menjadi kaya raya. Suatu hari, Malin Kundang pulang ke tanah kelahirannya. Ibunya segera menghampirinya. Namun Malin Kundang pura-pura tidak mengenalnya karena merasa malu melihat ibunya yang berpakaian kotor. 

Ibunya pun berdoa “Ya Tuhanku, bila benar Dia anakku maka kutuk menjadi batu”. Angin kencang pun menghancurkan kapal dan Malin Kundang perlahan-lahan menjadi batu. 

Cerita Danau Toba 

Cerita rakyat danau toba

Kisah ini menceritakan seorang petani yang hidup seorang diri tetapi rajin bekerja. Namun hidupnya berubah saat menemukan seekor ikan ajaib. Ikan tersebut bisa berubah menjadi putri cantik yang dikutuk menjadi seekor ikan. 

Sebagai balas jasanya, Dia bersedia menjadi istri petani tersebut dengan syarat tidak boleh menceritakan asal usul putri dari seekor ikan. Bila dilanggar akan ada bencana besar. 

Cerita rakyat Indonesia Danau Toba berikutnya yaitu sang Petani setuju dan akhirnya menikah. Mereka mempunyai anak laki-laki yang tidak pernah merasa kenyang makan. Pada suatu hari, anak itu mengantarkan makanan atas permintaan ibunya untuk sang Ayah yang sedang bekerja di sawah. 

Sang anak malah memakannya sampai habis dan sang Ayah pun tidak bisa menahan emosinya sehingga mengatakan “dasar anak ikan”.  Saat itu juga, sang istri dan anak menghilang dan ada bekas kaki yang membentuk sebuah danau yang disebut dengan Danau Toba. 

Cerita Rakyat Indonesia yang Melegenda 

Anda mungkin sering mendengar cerita Sangkuriang dari Jawa Barat. Berikut ini kisah menarik antara Sangkuriang dengan Dayang Sumbi sebagai Ibunya. 

Kisah Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Perahu

Cerita ini berasal dari daerah Bandung, Jawa Barat yang menceritakan asal mula Gunung Tangkuban Perahu. Kisah ini berawal dari Dayang Sumbi yang hidup seorang diri di hutan. 

Sebagai kesehariannya, Dia suka menenun di amben rumahnya. Suatu hari, jarum tenunnya jatuh dan Dia malas mengambilnya. Dia lalu bergumam jika ada yang mengambilkannya berjenis kelamin perempuan maka akan dijadikan saudara, tetapi bila berjenis kelamin laki-laki akan dijadikan suami”. 

Setelah itu, datang seekor anjing yang bernama Tumang mengambilkan jarumnya dan memberikan pada Dayang Sumbi. Dia pun menjadikannya sebagai seorang suami karena ingat akan janjinya. 

Akhirnya Dayang Sumbi melahirkan seorang anak yang diberi nama Sangkuriang. Anak itu pun beranjak remaja. 

Cerita rakyat Indonesia selanjutnya yaitu pada suatu hari, Sangkuriang berburu menjangan bersama si Tumang, tetapi tidak mendapat seekor binatang pun. Akhirnya, Dia dan Si Tumang bertemu seekor babi, tetapi Tumang tidak mau memburunya. 

Sangkuriang kesal lalu membunuh Tumang dan mengambil hatinya. Dia memberikan pada Ibunya. Saat Ibunya mengetahui hati tersebut punya Tumang maka Dia marah dan memukul kepala Sangkuriang menggunakan susuk sampai berdarah. Sangkuriang pun pergi karena merasa sakit hati. 

Setelah dewasa Dia bertemu kembali dengan Dayang Sumbi yang masih tampak cantik jelita dan jatuh cinta padanya. Dayang Sumbi mengenali bahwa itu anaknya dari bekas pukulan di kepalanya. 

Untuk menolaknya, Dia meminta Sangkuriang membuatkan danau dan sampan untuk berlayar dalam semalam. Permintaan itu bisa dikabulkan Sangkuriang. Dayang Sumbi berdoa agar hari segera pagi. Hari pun segera pagi dan Sangkuriang marah lalu menendang perahunya hingga menjadi Gunung Tangkuban Perahu. 

Banyak hal positif yang bisa didapatkan oleh anak-anak dari sebuah dongeng ketika masa kecil. Untuk mengetahui kisah lengkap kisah-kisah di atas, silakan kunjungi wisatawan.id. Dengan begitu, Anda dapat memberikan cerita rakyat Indonesia  sebagai pengantar tidur pada mereka.